Sukses

Seperti F1 dan MotoGP, Pembalap Indonesia Juga Ikut Balap Virtual

Tak hanya di luar negeri, demam balap virtual juga menjangkit komunitas otomotif serta para pembalap nasional.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 telah menganggu sejumlah ajang balapan di seluruh dunia. Formula 1 dan MotoGP musim 2020 belum bisa dimulai hingga awal Mei ini. Para pembalap mengisi kekosongan dengan menggelar balap virtual.

Kejuaraan balap simulator menjadi alternatif terbaik di saat pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang ini. Para pembalap F1 dan MotoGP kini aktif membalap virtual melalui video game.

Tak hanya di luar negeri, demam balap virtual juga menjangkit komunitas otomotif serta para pembalap nasional. Karena berlangsung tepat di bulan puasa maka kejuaraan simulator bertajuk “Ramadan Balap Indonesia 2020”. Ajang ini siap digelar akhir pekan nanti.

“Ramadan Balap Indonesia 2020” digelar lima putaran selama bulan puasa dengan mengusung konsep online. Para peserta berkompetisi dari rumah masing-masing. Video game yang digunakan adalah jenis balap touring dan di setiap serinya memakai sirkuit dan mobil yang berbeda-beda. 

"Dalam situasi Pandemic yang kita semua hadapi saat ini, kami dari tim BDR (Balap di Rumah) yang terdiri dari Rizal Sungkar sebagai Orginizing Committee, Bani Ismiarso sebagai Racing Committee dan adapun juga beberapa anggota panitia lainnya yang berada dalam susunan panitia seperti Rama Danindro, Andhika Rama Maulana, Tubagus Farhan, Putra Baliwa, Ilham Shaq dan juga Prawira Jalu yang akan mengisi posisi sebagai Steward," ujar Rama Danindro, selaku penyelenggara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peserta

Tidak tanggung-tanggung, kompetisi ini bakal diikuti oleh beberapa pembalap kenamaan Tanah Air seperti Sean Gelael, Zahir Ali, Avan Abdullah, Akheela Chandra, Alinka Hardianti, serta Rizal Sungkar dan masih banyak nama-nama pembalap Indonesia lainnya.

"Sedangkan peserta dari pembalap simulator diikuti oleh Jaka Siswoyo, Arwin Taruna, Reza Harianto, Attaya Kenzie, Fadhli Rachmat dan beberapa pro sim lainnya. Hingga saat ini sudah ada 30 peserta," lanjutnya.

Ramadan Balap Indonesia 2020 didukung oleh Mclaren Club Indonesia, RFT Motorsport, GT-Sim ID, Balwerk Media, Kyabin Coffee, Kyabin Studio dan juga Renatama.

"Karena McLaren Club Indonesia suport kita, jadi di round 1 (pembuka) dan round 5 (penutup) balapnya pakai mobil McLaren," tutup Rama.

3 dari 3 halaman

Jadwal

Jadwal Ramadhan Balap Indonesia 2020:

Round 1 (9-10 Mei): Zandvoort, McLaren 650S GT3

Round 2 (13-14 Mei): Red Bull Ring, Porsche 911 GT3R

Round 3 (16-17 Mei): Monza, Ferrari 488 GT3

Round 4 (20-21 Mei): Barcelona, BMW Z4 GT3

Round 5 (22-23 Mei): Silverstone, McLaren 650S GT3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.