Sukses

Pandemi Corona Covid-19 Mereda, Angela Merkel Izinkan Bundesliga Kembali Bergulir

Kanselir Jerman Angela Merkel menyetujui kembali bergulirnya Bundesliga di tengah pandemi virus Corona pada pertengahan bulan ini

Jakarta - Kanselir Jerman Angela Merkel menyetujui kembali bergulirnya Bundesliga di tengah pandemi virus Corona pada pertengahan bulan ini. Bola kini selanjutnya berada di tangan operator Liga (DFL) untuk menentukan jadwal, Kamis (7/5/2020). 

Bundesliga akan menjadi liga top Eropa yang pertama kembali mengggulirkan kompetisi di tengah pandemi virus Corona. Liga-liga besar lain juga sudah menggulirkan wacana untuk kembali meneruskan kompetisi, tapi masih menunggu izin resmi dari pemerintah masing-masing.  

Seperti dilansir BBC, Rabu (6/5/2020), semua pertandingan Bundesliga akan digelar tertutup alias tanpa penonton. Pertandingan tidak boleh menghadirkan penonton karena Jerman melarang event besar dengan massa banyak hingga 24 Oktober. 

Kompetisi Bundesliga musim 2019-2020 tinggal menyisakan sembilan pekan, di mana Bayern Munchen memuncaki klasemen dengan keunggulan empat poin atas Borussia Dortmund. 

Pengumuman izin untuk kembali menggelar kompetisi Bundesliga muncul hanya sehari setelah 10 pemain dari klub Divisi Liga 2 Jerman dinyatakan positif saat menjalani pemeriksaan virus Corona. Total, otoritas setempat melakukan tes terhadap 1.724 pemain. 

Pihak DFL sebelumnya juga mendapat peringatan bahwa banyak klub-klub papan atas akan mengalami ancaman finansial jika Bundesliga tak segera digelar pada Juni. Para pemain klub-klub Bundesliga sudah mulai berlatih sejak bulan lalu. DFL semula mengatakan Bundesliga kemungkinan akan bergulir pada 9 Mei. 

Saat menunggu izin resmi dari pemerintah, DFL telah mengembangkan rencana untuk tingkat pengamanan dan kesehatan pemain jika Bundesliga bergulir. Pada saat pertandingan hanya sekitar 300 orang yang diperbolehkan berada di dekat lapangan. Kebijakan itu diambil untuk meminimalisir risiko penyebaran virus Corona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Pandemi Virus Corona di Jerman Membaik

Jerman memberikan izin Bundesliga kembali bergulir karena kondisi pandemi virus Corona menunjukkan perkembangan positif dalam beberapa hari terakhir.  

Pemerintah Jerman juga sudah melonggarkan lockdown sejak Senin (4/5/2020). Kelanjutan kompetisi kemudian dibahas pada pertemuan 16 pemimpin wilayah di Jerman yang digelar pada Rabu pagi. Hasilnya, Merkel memberi lampu hijau untuk menggelar kembali Bundesliga. 

Hingga Rabu, total ada lebih dari 167.000 kasus positif virus Corona di Jerman. Namun, angka kematian di Jerman jauh lebih sedikit dibanding negara-negara Eropa lain, seperti Inggris, Italia, dan Spanyol. Tercatat, jumlah kematian akibat virus Corona di Jerman mencapai 6.993 orang.

 

Sumber: BBC 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri, published 6/5/2020) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.