Sukses

Pemerintah Inggris Dukung Premier League Segera Dilanjutkan

Sejumlah klub-klub Premier League telah membuka kembali lokasi latihannya.

Liputan6.com, Jakarta Inggris sampai saat ini masih terus berjuang mengatasi penyebaran virus Corona Covid-19. Namun pemerintah di Negeri Ratu Elizabeth itu mendukung agar Premier League secepatnya bergulir lagi.

Inggris ikut merasakan dampak dari pandemi virus Corona Covid-19. Hingga saat ini, di Inggris sudah ditemukan 158.348 kasus di mana lebih dari 21 ribu di antaranya tidak dapat diselamatkan.

Tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan warga, pandemi ini juga ikut mengganggu kompetisi sepak bola di sana. Liga-liga baik yang levelnya amatir maupun profesional untuk sementara dihentikan. 

Dalam situasi seperti ini, Oliver Dowden, sekretaris kabinet yang membidangi budaya, media. dan olahraga, berharap ajang Premier League bisa segera bergulir lagi. Penyataan tersebut dilontarkan Dowden dalam rapat dengar pendapat di parlemen Inggris belum lama ini seperti dilansi CNA.

"Secara pribadi saya sudah bicara dengan Premier League tentang upaya menghidupkan lagi sepak bola dan melanjutkannya secepat mungkin demi membantu komunitas sepak bola," ujar Dowden.

"Tapi tentu, setiap langkah yang diambil harus sesuai dengan panduan kesehatan publik," katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temui Banyak Rintangan

Tidak jauh berbeda dengan liga-liga domestik lainnya di Eropa, Premier League yang menjadi kasta tertinggi sepak bola Inggris juga harus dihentikan sementara akibat pandemi virus Covid-19.

Premier League resmi dihentikan sejak 13 Maret dan awalnya berharap liga bisa dilanjutkan paling lambat 30 April 2020. Namun wacana ini sepertinya sulit terwujud mengingat pandemi virus Corona Covid-19 belum usai. Pemerintah juga masih menerapkan aturan lockdown hingga  7 Mei 2020.

Klub-klub Premier League rencananya kembali menggelar rapat jarak jauh pada Jumat ini. Mereka akan mengevaluasi berbagai opsi untuk menuntaskan liga dan berharap pertandingan bergulir sebelum Juni. 

Pekan lalu, pengelola liga juga mengaku tengah menyiapkan skenario dan menemukan berbagai kendala rumit. Dengan larangan penumpukan massa salah satu langkah yang dianggap paling masuk akal saat ini adalah menggelar pertandingan tanpa penonton atau di lokasi yang netral.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Klub Buka Tempat Latihan

Sementara itu, sejumlah klub Liga Inggris sudah membuka kembali tempat latihannya. Selain Brighton, trio London, Tottenham Hotspur, Arsenal, dan West Ham mengizinkan pemainnya latihan di lapangan meski dalam jumlah yang terbatas dan tetap mengikuti aturan social distancing.

Klub-klub itu juga hanya mengizinkan para pemain berlatih di luar ruangan. Mereka diminta untuk berlatih sendiri-sendiri dan tidak bersama-sama dalam satu tim besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Premier League

Video Terkini