Sukses

Garry Kasparov Ramaikan Turnamen Catur Online di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Mantan juara dunia catur Garry Kasparov, kembali turun gunung. Di tengah pandemi Virus Corona Covid-19, Kasparov bakal tampil pada turnamen Nations Cup 2020 yang digelar secara online.   

Kehadiran Kasparov diampaikan Federasi Catur Dunia (FIDE), Selasa (22/4/2020). Menurut FIDE, turnamen berhadiah 180 ribu USD ini akan diikuti 6 tim yang maing-masing diperkuat empat pecatur.

Selain Kasparov, sejumlah pecatur ternama lainnya juga ikut ambil bagian, seperti Vladimir Kramnik dan Viswanathan Anand serta pecatur 16 tahun asal Iran, Alireza Firouzja.

Susunan lengkap pemain akan diumumkan besok, Rabu (23/4/2020).

"Sangat disayangkan turnamen sebesar ini hanya bisa disaksikan secara online. Tapi kami senang, karena catur bisa memberikan hiburan bagi jutaan orang yang saat ini harus berada di rumah (akibat pandemi virus Corona Covid-19)," ujar Presiden FIDE, Arkady Dvorkovich, seperti dilansir dari CNA.

Garry Kasparov merupakan legenda hidup olahraga catur dunia. Selain pernah menyandang gelar juara dunia, grand master asal Rusia itu merupakan pemegang peringat 1 dunia terlama ( 1986 - 2005) sepanjang sejarah. Pada daftar peringkat FIDE periode Juli 1999 dan Januari 2000, Garry Kasparov berhasil mencapai Elo rating 2851-- peringkat tertinggi yang pernah dicapai pada saat itu.

Kasparov memutuskan pensiun pada 2005 lalu. Dia kemudian aktiv sebagai penulis dan politisi.  

 

2 dari 3 halaman

Diawasi Ketat

Kejuaraan Nations Cup mewajibkan setiap tim diperkuat minimal satu pecatur wanita. Aturan ketat juga diberlakukan demi mencegah peserta berbuat curang selama pertarungan.

Setiap permainan akan diawasi oleh wasit internasional yang berada di bawah naungan FIDE lewat layanan konferensi jarak jauh. Dan untuk mencegah peserta menerima bantuan dari pihak luar, maka panitia akan mengawasi webcam, layar komputer dan ruangan yang sedangan mereka gunakan.

 

3 dari 3 halaman

Diawali Catur Cepat

Babak pertama mempertandingkan catur cepat dalam sistem round robin ganda pada 5-9 Mei 2020. Dua tim teratas selanjutnya akan melaju ke babak semifinal yang akan berlangsung pada 10 Mei 2020.

Menurut FIDE, jutaan orang diperkirakan akan menyaksikan turnamen ini.

Olahraga catur tidak juga terdampak pandemi virus Corona Covid-19. Penyebaran virus yang belum ditemukan vaksinnya itu telah memaksa The Candidates Tournament, salah satu turnamen catur terbesar di bawah bendera FIDE dibatalkan. Olimpiade Catur juga diundur hingga 2021 mendatang.