Sukses

Skenario Terburuk RFFF Hadapi Pandemi Covid-19: Empat Tim Teratas La Liga Otomatis ke Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta La Liga sebagai kompetisi tertinggi di Spanyol masih terhenti karena pandemi virus Corona Covid-19. Belum diketahui kapan kompetisi ini bakal bergulir mengingat penyebaran masih terus terjadi.

Sejumlah kalangan sebenarnya telah mengusulkan agar liga dilanjutkan dalam pengawasan yang ketat. Hanya saja, sejumlah ahli tidak merekomendasikannya dan menyatakan liga baru bisa dilanjutkan bila vaksin Covid-19 sudah ditemukan. (Simak berita lengkapnya pada tautan ini). 

Dalam situasi yang tidak pasti ini, Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFFF) telah menyiapkan skenario terburuk, yakni liga sama sekali tidak bisa dilanjutkan.

La Liga sendiri berhenti sejak 12 Maret lalu di mana tim sudah bermain sebanyak 27 laga. Untuk sementara, Barcelona masih berada di puncak klasemen diikuti Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad.

 

2 dari 3 halaman

Ikut Arahan UEFA

Menurut RFFF, bila La Liga berhenti total gara-gara pandemi virus Corona Covid-19, maka empat tim yang saat ini menempati urutan teratas klasemen La Liga otomatis lolos ke Liga Champions.

"Jika liga benar-benar terhenti, RFEF ingin menyelesaikan tugas rumah, yakni menerima masukan dari UEFA mengenai klub Spanyol yang akan memiliki akses ke kompetisi Eropa musim depan," Sekretaris Jenderal RFEF, Andreu Camps dalam pernyataan, Kamis (16/4/2020) seperti dilansir Scmp.

"Dengan demikian ... telah disetujui dalam Komisi Delegasi RFEF untuk membuat rencana guna memberi kepastian dalam skenario ekstrem, seperti gagal menyelesaikan kompetisi, sehingga semua klub tahu skenario baru yang mereka hadapi," ujar Camps menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Barcelona Pimpinan Klasemen

Setelah pertandingan terakhir berlangsung 10 Maret lalu, La Liga untuk sementara masih dipimpin oleh Barcelona dengan 59 poin. Sementara Real Madrid berada di urutan kedua dengan jarak dua poin.

Sevilla menyusul di posisi ketiga dengan 47 poin. Sementara Real Sociedad hanya terpaut satu poin berada di posisi keempat. Menurut RFFF, keempat tim ini akan melaju ke Liga Champions bila La Liga benar-benar berhenti. Sedangkan dua tim lainnya yang berada di posisi keenam dan ketujuh, yakni Getafe dan Atletico Madrid akan mendapat tiket ke pentas Europa League.