Sukses

Agar Work From Home Lancar, Lakukan 5 Aktivitas Ini

Liputan6.com, Jakarta - Work form home atau bekerja dari rumah harus dijalani akibat pandemi corona Covid-19. Untuk yang sudah terbiasa, mungkin ini bukan masalah.

Akan tetapi bagi pekerja kantor, work from home bisa menjadi tantangan. Seminggu pertama mungkin belum terasa. Namun selebihnya, semangat dan mood turun, tidak fokus, bahkan malah jadi malas-malasan.

Setelah menyalakan laptop, Anda bisa berpaling ke hal-hal sepele. Ujung-ujungnya, pekerjaan jadi tak selesai-selesai, bahkan terus berlanjut hingga larut malam.

Dr Devia Irine Putri mengatakan work from home memang tidak cocok untuk semua orang. Ada yang tetap bisa menjaga produktivitasnya seperti halnya saat bekerja di kantor (atau bahkan lebih produktif). Namun, ada juga yang sulit untuk bisa fokus atau mempertahankan produktivitas. Bahkan, berdampak pada kesehatan mental.

"Dengan work from home, kita jadi kurang bersosialisasi dengan orang lain. Di awal mungkin masih nyaman—masih bisa video call dan sebagainya. Tapi lama-lama, timbul rasa jenuh dan perasaan seperti tertekan. Kondisi mental malah jadi nggak oke buat kerja," ucapnya.

Karena itu, butuh pembangkit semangat bila mulai merasa kesulitan atau tidak fokus work from home. Berikut beberapa aktivitas yang dianjurkan sebelum memulai rutinitas work from home seperti dikutip dari laman Klik Dokter.

 

2 dari 4 halaman

1. Isi Bahan Bakar Dulu

Bahan bakar yang dimaksud adalah minuman. Sebelum mulai bekerja, cukupilah kebutuhan cairan tubuh, terutama dengan air putih. Menghidrasi tubuh juga ampuh untuk menguatkan konsentrasi dan daya ingat.

Bagaimana dengan kopi? Minuman ini sebaiknya diminum di sela-sela bekerja, bukan langsung di awal aktivitas demi menjaga kestabilan mood.

Supaya lebih segar, Anda juga bisa memasukkan irisan buah, seperti lemon atau stroberi, ke air putih yang akan diminum (infused water).

2. Buat Jurnal Harian

Siapkan jurnal, diisi dengan hal-hal yang harus dilakukan setiap harinya. Seperti mencatat pencapaian, atau menulis hal-hal memorable yang terjadi pada hari itu layaknya mengisi diary.

Bagi beberapa orang, kerja dari rumah memang bisa rentan bikin cemas. Jadi, lakukanlah hal-hal yang bisa menenangkan dan sekaligus mempertajam pikiran dengan menulis jurnal.

 

3 dari 4 halaman

3. Tentukan Prioritas

Kerja dari rumah pada masa pandemi corona Covid-19 bukan berarti kesibukan sehari-hari hanya bekerja sesuai mandat atasan. Tak jarang, banyak hal yang mesti diurus.

Misalnya belanja kebutuhan sehari-hari, bersih-bersih rumah, tetap berkomunikasi dengan teman atau keluarga, memasak, atau mengurus suami dan/atau anak.

Untuk membantu supaya kerja tetap optimal, Anda bisa menuliskan di sticky notes tentang apa saja yang harus dikerjakan sesuai prioritas.

Kalau memang sedang dikejar deadline, tunda dulu bersih-bersih atau mencoba resep baru yang rumit untuk menu makan di hari tersebut.

Kerjakan satu persatu, jangan memaksakan semua bisa dikerjakan di hari yang sama. Beri tubuh dan pikiran jeda dan istirahat.

4. Selalu Bersyukur

Setiap rasa malas bekerja muncul, ingatlah bahwa Anda masih lebih beruntung. Akibat aturan pembatasan sosial skala besar (PSBB), banyak orang yang kehilangan pekerjaannya atau tak bisa melanjutkan usahanya, sehingga tak punya penghasilan.

4 dari 4 halaman

5. Tetap Bergerak

Bila biasanya alasan Anda malas berolahraga adalah karena harus ngantor setiap hari, nah, sekarang alasan tersebut tak lagi valid!

Sempatkan waktu berolahraga, paling tidak 30 menit setiap harinya. Pilihan olahraganya bisa berupa joging keliling kompleks (dengan tetap mematuhi aturan physical distancing, ya!), senam lewat video tutorial, yoga, lompat tali, menari, atau aktivitas fisik lainnya yang mudah dan mampu Anda lakukan.

Olahraga mampu mendongkrak suasana hati, sehingga Anda jadi lebih bersemangat untuk kerja dari rumah. Setelah olahraga, jangan lupa mandi agar tubuh kembali segar.

Sumber: Klik Dokter