Sukses

7 Tips Menjaga Kebersihan Makanan Saat Pandemi Corona Covid-19 Versi UNICEF

Jakarta - Selain menjaga kebersihan tangan dan menerapkan beberapa prosedur lainnya, menjaga kebersihan makanan yang ingin dikonsumsi juga sangat penting dalam upaya pencegahan penularan virus corona. Kendati, sejauh ini belum ada bukti makanan terkait dengan penularan COVID-19.

Dilansir dari The Journal of Hospital Infection, virus corona mampu bertahan pada permukaan benda hingga sembilan hari.

Virus corona menyebar dari orang ke orang melalui percikan (droplet) yang keluar dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas, dan juga bisa jatuh pada benda dan permukaan di sekitar Anda.

Saat Anda menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut, virus corona bisa masuk ke tubuh.

Meski, sejauh ini belum ada bukti makanan terkait dengan penularan COVID-19, sangat wajar muncul perasaan waswas terhadap kebersihan makanan yang hendak dikonsumsi.

Apakah mereka bebas dari virus corona, atau di permukaan berbagai jenis makanan tersebut, seperti sayur, daging, dan buah, tertempel virus.

Itulah mengapa tetap perlu diperhatikan kebersihan makanan yang hendak dikonsumsi, bahkan sekalipun tak ada pandemi COVID-19.

Beberapa caranya, seperti membuang semua kemasan yang tidak perlu ke tempat sampah dengan penutup.

Kemasan seperti kaleng dapat dibersihkan dengan disinfektan sebelum dibuka atau disimpan. Setelah itu, cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, atau gunakan antiseptik berbasis alkohol minimal 60 persen.

Berikut langkah-langkah menjaga kebersihan makanan yang ingin dikonsumsi di tengah pandemi virus corona, seperti dirangkum Bola.com telah laman resmi UNICEF:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Kebersihan Makanan

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik sebelum menyiapkan makanan apa pun.
  2. Pisahkan papan potong untuk menyiapkan daging dan ikan mentah.
  3. Masak makanan sampai suhu yang disarankan.
  4. Jika memungkinkan, simpan barang yang mudah rusak dalam lemari es atau beku, dan perhatikan tanggal kedaluwarsa produk.
  5. Bertujuan untuk mendaur ulang atau membuang sisa makanan dan kemasan dengan cara yang layak dan sanitasi, menghindari penumpukan sampah yang dapat menarik hama.
  6. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik sebelum makan dan pastikan anak Anda melakukan hal yang sama.
  7. Selalu gunakan peralatan dan piring yang bersih.

Sumber: UNICEF

 

3 dari 3 halaman

#amandirumah

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.