Sukses

5 Manfaat Anggur, Satu di Antara Langkah Cegah Tertular Corona Covid-19

Jakarta - Satu di antara manfaat mengonsumsi anggur adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh agar menjadi kuat. Imunitas tubuh yang terjadi bisa melindungi Anda dari risiko tertular virus corona.

Anggur kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, falvonoid, dan resveratrol.

Di sisi lain, buah anggur memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Mengonsumsi secangkir jus anggur hanya mengandung sekitar 23 kalori.

Dilansir dari Helathline, anggur memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kaya akan serat menjadikan anggur menjadi satu di antara buah tersehat.

Menurut penelitian dari International Journal of Food Properties, senyawa antioksidan anggur hampir 10 kali lebih besar dibandingkan tomat, pisang, pepaya, dan mangga.

Ada banyak jenis anggur termasuk hijau, merah, hitam, kuning dan merah muda.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, segudang manfaat anggur, selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari potensi terinfeksi Corona COVID-19:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu cegah dari kemungkinan terinfeksi virus corona. Virus corona rentan menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Anggur memiliki kandungan resveratrol yang tinggi, yang berfungsi secara alamiah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi anggur merah sebagai pilihan yang tepat. Selain kandungan resveratrol yang ada, anggur juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan flavonoid yang tinggi.

Semua kandungan yang ada dalam anggur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anggur mampu menghilangkan gula serta asam organik yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan dan masalah ginjal.

3 dari 6 halaman

2. Agen Antiinflamasi

Sifat antiinflamasi yang ada dalam anggur dipercaya mampu mengatasi peradangan kronis. Mengonsumsi anggur secara signifikan mampu tingkatkan sifat antiinflamasi di aliran darah tubuh.

Anggur mencegah perkembangan penyakit kanker, jantung, dan gangguan autoimun lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Agen Antibakteri dan Antivirus

Selain memiliki sifat antiinflamasi, anggur juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang menjaga tubuh Anda terhindar dari risiko berbagai penyakit, bahkan virus polio dan herpes.

5 dari 6 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Selama masa karantina mandiri seperti sekarang, pola makan Anda bisa saja tidak terjaga dan membuat berat badan bertambah. Tenang, mengonsumsi anggur bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan.

Anggur mengandung kalori yang rendah dan bisa dijadikan alternatif menu diet. Mengonsumsi secangkir jus anggur hanya mengandung 23 kalori.

Anggur juga memiliki sifat antioksidan yang membantu membuang racun atau toksin yang berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi anggur secara rutin membantu berat badan Anda cepat turun.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Penglihatan

Tak hanya wortel atau apel yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mata. Anggur juga bisa membantu menjaga kesehatan mata menjadi lebih baik.

Anggur memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang memberikan perlindungan signifikan untuk melindungi kerusakan oksidatif retina dan mencegah kebutaan.

Kandungan lain pada anggur, seperti resveratrol mampu melindungi sel retina mata Anda dari sinar ultraviolet A dan mencegah degenerasi makula, katarak, dan glaukoma.

Sumber: Berbagai Sumber