Sukses

Desainer Muda Sumbangkan 2.000 APD ke Rumah Sakit untuk Perangi Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Desainer kondang Indonesia, Karla Jasmina mencoba membantu tim medis untuk berperang melawan virus corona covid-19. Dia membuat ribuat Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tim medis.

Saat ini, hingga Minggu, 5 April 2020, sudah ada 2.092 kasus virus corona covid-19 di Indonesia. Bahkan, suda ada 191 orang Indonesia yang meninggal dunia akibat wabah ini.

Karena hal tersebut, Karla Jasmina mengajak seluruh desainer dan UMKM dalam gerakan: "together we can project" untuk membantu tim medis melawan covid-19. Hingga saat ini, sudah terkumpul 25 orang.

"Sementara ini kami membuat APD, bukan 1.000 tapi 2.000 APD yang disalurkan melalui Ikafkunair13 (donasi yang digerakkan dokter-dokter muda yang menangani ODP atau PDP) secara gratis," kata Karla Jasmina kepada Liputan6.com.

 
 
 
View this post on Instagram

Mengajak para desainer, UMKM dan para penjahit untuk ikut serta dalam project #togetherwecan . Project kemanusiaan yang memberdayakan seluruh tenaga fashion yang ingin ikut serta membantu para tenaga medis yang sedang berjuang melawan #covid_19 . . . Start dari tanggal 24 maret kemarin, seluruh staffs @karlajasminabrides sudah dipakai untuk pengerjaan #togetherwecan project. Awalnya kami start membuat masker kain dengan air filter dan dibagikan secara gratis di masyarakat. Kemudian kami dimintai bantuan untuk membuat APD berupa hazmat suit dan beberapa surgical gown. . . Jujur, jumlah staff kami tidaklah banyak dan dengan adanya bantuan partisipasi para desainer dan penjahit ataupun UMKM yang terlibat. Bantuan APD yang sangat diperlukan para dokter akan sangat cepat selesai karena kita dikejar oleh waktu. . . Bagi yang ingin terlibat sekecil apapun , dapat mengontak +62 853 36949933 (dian- admin) dan akan kami bantu sebisa mungkin untuk mengirimkan bahan dan juga pola. . . Semua APD Ini TIDAK DIPERJUAL BELIKAN dan hanya akan disalurkan lewat @ikafkunair2013 dan @womenpreneur.id melalui surat resmi rs yang tertulis. More info : see highlight APD . . #togetherwecan

A post shared by Karla Jasmina (@karlajasmina) on

Project awal ini, kata Karla, hanya dimulai dengan pembuatan masker yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu untuk meminimalisir penyebaran virus corona covid-19. "Awalnya hanya untuk edukasi masyarakat sekitar secara gratis," ucapnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tergerak Membantu

Kemudian, Karla merasa tergerak untuk kembali membuat proyek yang bisa membatu rumah sakit yang membutuhkan ADP. Diakui Karla, virus corona sangat berdampak pada dunia fashion, banyak acara yang batal karena wabah ini.

"Di sini saya tergerak untuk membuat sebuat proyek kemanusiaan. Saya ingin mengajak semua desainer, terutama yang bergerak di bidang fashion untuk sama-sama memberikan sumbangsih," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Dari Mana Biayanya?

Karla Jasmina yang merupakan perancang busana Miss Singapura 2016 menyebut biaya pembuatan APD sebanyak 2.0000 buah didapatnya dari donasi dan urunan para desainer Indonesia yang tergerak dalam "together we can project"

"Untuk biaya tentu ada operasinal yang ditanggung para kami, desainter yang tergabung. Namun, kami juga terbantu dari donasi yang dikirimkan ke kami, baik berupa bahan ataupun uang," kata wanita berusia 36 tahun tersebut.

Tubuh Nenek 62 Tahun Penuh Tato Jose Mourinho