Sukses

4 Alasan Boleh Keluar Rumah saat Karantina Mandiri Corona Covid-19

Jakarta Pemerintah Indonesia telah memperpanjang status darurat virus Corona Covid-19 menjadi hingga 29 Mei 2020. Hal itu berarti, imbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah dalam kampanye stay at home, juga bertambah panjang.

Tetap berada di rumah menjadi satu di imbauan pemerintah untuk meredam penyebaran virus corona SARS-CoV-2. Warga diminta melakukan karantina mandiri. Berada di rumah, termasuk melakukan kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah.

Pada awalnya, masyarakat diminta untuk berada di rumah selama 14 hari. Tentu ada beberapa alasan mengapa seseorang harus berdiam diri di rumah selama itu.

14 hari adalah waktu inkubasi virus Corona sehingga bila ada yang terpapar, diam di rumah selama 14 hari dapat memotong rantai penularan. 

Berdiam di rumah selama 14 hari diyakini mampu menghentikan laju penularan.

Kini, seiring peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia, beberapa wilayah berinisiatif menerapkan kebijakan "lockdown" lokal atau pembatasan wilayah secara mandiri.

Jalan masuk dan keluar dijaga warga, dengan tujuan mencegah penyebaran virus ke wilayah mereka.

Meski pemerintah telah menggalakkan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah dalam kampanye stay at home, sejatinya kita masih diizinkan meninggalkan rumah. Namun, dengan catatan untuk kepentingan tertentu dan terbilang mendesak.

Seperti dilansir dari BBC International, Senin (30/3/2020), ada beberapa alasan yang membuat Anda bisa meninggalkan rumah di masa karantina mandiri akibat pandemi virus Corona. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kita Boleh Meninggalkan Rumah saat Karantina Mandiri untuk 4 Alasan Ini

  • Berolahraga, satu kali dalam sehari, apakah sendirian atau bersama anggota keluarga yang lain. Saat berolahraga, usahakan hanya di lingkungan terbuka yang dekat dengan kediaman Anda. Tetap ingat untuk menjaga jarak, minimal satu meter dengan orang di sekitar Anda. Waktu yang digunakan, tergantung pada tingkat kebugaran Anda, bisa 30 menit hingga satu jam.
  • Belanja bahan kebutuhan pokok, jangan terlalu sering dilakukan, sebaliknya lakukan sesedikit mungkin.
  • Kebutuhan medis, seperti merawat lansia atau pengidap penyakit lain yang membutuhkan bantuan
  • Bekerja menuju dan dari kantor, dengan catatan hanya dalam kepentingan mendesak

Sumber: BBC International

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Aning Jati, published 31/3/2020)