Sukses

Tambah Panjang, Daftar Insan Sepak bola yang Kena Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola tidak luput dari wabah virus corona. Sejumlah pertandingan terpaksa digelar tanpa penonton atau bahkan dibatalkan.

Beberapa petinggi, pelatih, dan pemain klub pun disebut telah terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Tiongkok tersebut. Baru-baru ini, pelatih Arsenal, Mikel Arteta terindikasi positif terjangkit virus corona.

"Pusat latihan kami, London Colney ditutup setelah Pelatih Mikel Arteta positif terkena virus COVID-19, sore ini," tulis Arsenal.

Virus corona memang telah menyebar hingga ke Eropa. Italia menjadi negara dengan pengidap virus corona terbanyak mencapai 15 ribu kasus.

Menurut peta persebaran dari New York Times, di Inggris ada sekitar 400 orang yang terindikasi positif terjangkit virus corona. Pemerintah Inggris pun telah mengeluarkan himbauan agar warganya tidak sering keluar rumah atau pergi ke keramaian.

Arteta bukan satu-satunya insan sepak bola yang terjangkit virus corona. Baru-baru ini, striker Fiorentina, Patrick Cutrone memperpanjang daftarnya. Berikut daftar selengkapnya.

 

2 dari 8 halaman

1. Evangelos Marinakis

Pemilik klub Yunani, Olympiakos Evangelos Marinakis terkonfirmasi mengidap virus corona pada Rabu (11/3/2020). Marinakis pun telah mengakui, ia telah terjangkit virus tersebut.

"Virus ini telah mendatangi saya dan saya merasa bertanggungjawab agar publik tahu," kata Marinakis.

Marinakis diketahui sempat berkunjung ke markas Arsenal saat Olympiakos bertandang di laga 32 besar Liga Europa, tengah pekan lalu. Ia dikabarkan sempat masuk ke ruang ganti dan boks direktur.

Karena itulah, pihak Arsenal langsung menghimbau para pemain mengisolasi diri di rumah masing-masing. Pihak klub juga meminta para pemain menjalani tes.

3 dari 8 halaman

2. Daniele Rugani

Sebelum Arsenal, Juventus lebih dahulu mengonfirmasi beknya, Daniele Rugani telah terkena virus corona. Rugani diketahui berada di bangku cadangan saat Juventus mengalahkan Inter Milan, tengah pekan lalu.

Alhasil, pihak Inter Milan pun memutuskan membekukan semua kegiatan klub. Salah satu pertandingan Inter Milan yang batal digelar adalah laga melawan Getafe di Liga Europa.

Rugani telah mengeluarkan pernyataan lewat media sosialnya. Meski mengaku baik-baik saja, Rugani meminta semua pihak mematuhi peraturan.

"Saya merasa lebih baik berterima kasih kepada para dokter dan perawat yang telah berjuang di rumah sakit untuk menghadapi situasi darurat ini," tulis Rugani di akun instagramnya.

4 dari 8 halaman

3. Manolo Gabiandini

Striker Sampdoria, Manolo Gabbiandini menyusul Rugani sebagai pemain Liga Italia keuda yang terkena virus corona. Kabar itu diketahui setelah Sampdoria merilis pernyataan resmi.

"Sampdoria mengumumkan bahwa Gabbiandini telah dites dan positif virus corona," tulis pihak klub.

Sama seperti yang lainnya, Sampdoria juga telah mengambil tindakan untuk mencegah virus meluas. "Klub telah mengaktifkan seluruh prosedur isolasi seperti yang sudah ditetapkan oleh pihak berwenang." tulis Sampdoria.

 

5 dari 8 halaman

4. Timo Hubers

Timo Hubers, pemain belakang Hannover 96 diumumkan positif virus Corona oleh klubnya Hannover 96. Timo diduga tertular virus corona setelah mendatangi acara di Hildesheim pada Sabtu malam (7/3/2020).

Pemain berusia 23 tahun tersebut kini telah dikarantina dan tidak memiliki kontak dengan rekan setim. Hal tersebut dilakukan agar mencegah risiko penularan virus corona di tim Hannover 96. 

"Timo sangat kooperatif. Dia belum menunjukkan gejala apa pun sejauh ini. Ketika dia mengetahui bahwa seseorang yang bersamanya di acara tersebut telah dites positif, dia melaporkan langsung ke dokter dan menjalani karantina di rumah," kata Gerhard Zuber, direktur olahraga Hannover 96 di situs resminya.

6 dari 8 halaman

5. Thomas Kahlenberg

Eks pemain Brondby, Thomas Kahlenberg dinyatakan positif virus corona pada 6 Maret 2020. Sebelum dinyatakan positif virus corona, pemain yang gantung sepatu pada 2017 ini sempat bertemu dengan para pemain Brondby. Efeknya, kini Brondby mengisolasi setidaknya 13 orang di tim.

Diisolasinya 13 orang di tim, karena khawatir tertular virus corona setelah bertemu Thomas Kahlenberg. 13 orang yang dikarantina antara lain para pemain dan asisten pelatih tim. Efek dikarantinanya 13 orang membuat aktivitas tim Brondby diistirahatkan hingga 13 Maret 2020.

7 dari 8 halaman

6. Patrick Cutrone

Penyerang Fiorentina, Patrick Cutrone, menambah daftar pemain yang terpapar virus Corona. Rekan setim Cutrone, German Pezzella dan fisioterapis I Viola, Stefano Dainelli, juga terinfeksi virus yang memiliki nama lain COVID-19 tersebut.

Ketiganya diperkirakan tertular dari Dusan Vlahovic yang telah lebih dulu terinfeksi virus Corona. Vlahovic diketahui terkena virus Corona pada Jumat (1/3/2020).

"Fiorentina mengumumkan bahwa Patrick Cutrone dan German Pezzella, serta fisioterapis Stefano Dainelli juga menjalani tes, karena mereka menunjukkan beberapa gejala," bunyi pernyataan resmi Fiorentina.

"Ketiganya dinyatakan positif (terpapar virus Corona) dan dengan kondisi kesehatan yang baik di rumah mereka di Florence," lanjut pernyataan tersebut, Sabtu (14/3/2020).

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini