Sukses

Wabah Virus Corona Memaksa Liga Thailand Digelar Tanpa Penonton

Liputan6.com, Bangkok - Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) memutuskan untuk membatasi jumlah massa yang menghadiri Liga Thailand 2020 menyusul penyebaran virus Corona model terbaru atau COVID-19. Seluruh pertandingan yang berlangsung mulai bulan Maret digelar tertutup alias tanpa penonton. 

Seperti dilansir Bangkokpost, FAT telah menggelar pertemuan mendadak pada Minggu waktu setempat (1/3/2020) untuk menyikapi penyebaran virus Corona. Thailand menurut data terbaru yang dilansir Channel News Asia telah memiliki 43 kasus virus Corona dengan korban meninggal satu orang. 

Demi mengurangi penyebaran virus Corona tersebut, FAT memutuskan untuk menutup seluruh stadion bagi para fans di sisa pertandingan bulan ini. Menurut juru bicara FAT Patis Supapong kebijakan ini penting mengingat sepak bola berpotensi dihadiri oleh ribuan orang dalam setiap pertandingan. 

Mengenai siapa saja yang diizinkan memasuki stadion, FAT masih merumuskan. Supapong mengatakan keterangan lebih lanjut akan segera disampaikan kepada publik. 

 

2 dari 4 halaman

Timnas Thailand vs Indonesia

Timnas Thailand juga akan bertanding melawan Timnas Indonesia di Stadion Nasional Rajamangala pada 26 Maret 2020. Kedua negara akan tampil pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejauh ini, belum keputusan terkait penundaan pertandingan tersebut. Konfederasi Sepak Bola Asia, baru akan menggelar rapat mengenai hal ini pada hari Senin (2/3/2020).

3 dari 4 halaman

Tunggu Kabar dari Thailand

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri juga masih menunggu kabar dari FAT terkait duel Thailand vs Timnas Indonesia. "Sementara masih sesuai jadwal, belum ada travel warning," kata Cucu Somantri saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan singkat, Senin (2/3/2020).

Cucu mengaskan, keselamatan pemain Timnas Indonesia menjadi prioritas PSSI. Keberangkatan Timnas Indonesia ke Thailand nantinya berdasarkan keputusan negara.

"Semua khawatir, tapi kami akan ikuti aturan negara. Kalau tanpa alasan kita dianggap WO, biar aja FIFA atau Thailand yang memutuskan," ujar Cucu menegaskan.

Di Thailand sendiri ada aturan wajib setelah ada virus Corona. Orang yang baru datang ke Thailand harus dikarantina selama dua pekan.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

26 Maret 2020

Thailand Vs Indonesia

 

31 Maret 2020

Indonesia Vs UEA

 

4 Juni 2020

Vietnam Vs Indonesia