Sukses

Rebut Emas SEA Games 2019, Polo Air Indonesia Bidik Olimpiade 2032

Tim polo air Indonesia sukses merebut medali emas di SEA Games 2019 di Filipina.

Jakarta- Polo air putra Indonesia baru saja mengukir sejarah di SEA Games 2019. Untuk pertama kalinya Indonesia mampu merebut meraih medali emas di ajang dua tahunan tersebut. Sebelumnya di tahun 2018, Indonesia juga berhasil menembus peringkat delapan besar Asia di ajang multi event Asian Games 2018. 

Kesuksesan tersebut tak membuat Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) berpuas diri. PRSI bertekad menyiapkan tim yang tangguh untuk Olimpiade 2032 dimana Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah. 

Meski Olimpiade 2032 masih 12 tahun lagi, namun polo air sudah merancang cita-cita untuk mengukir sejarah baru polo air Indonesia di pentas Olimpiade. Demi mewujudkan impian tersebut pembina digalakkan. 

Yang terdekat Liga Polo Air akan segera digelar. Liga ini digelar mulai 3 Maret 2020 dan bertanding seminggu sekali. Rencananya Liga Polo Air U-16 akan berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta. 

"Jadwalnya setiap Selasa malam pukul 19.00 - 21.00 WIB selama 11 pekan. Dan babak final dilangsungkan usai lebaran," ujar Dean Baldwin, Pelatih Nasional polo air. 

Menurut Wisnu Wardhana, Ketua Penyelenggara, Liga Polo Air akan dimulai 3 Maret 2020 di Jakarta khusus untuk usia dibawah 16 tahun. 

"Usia 16 tahun sangat pas hingga nantinya di tahun 2032 akan mencapai golden age 27-28 tahun. Jika Indonesia berhasil memenangkan bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, maka kami siapkan membentuk Timnas polo air sejak usia dini," papar Wisnu di Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020. 

Saksikan video menarik berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Liga Polo Air U-16

Sembilan tim yang akan bertanding di Liga Polo Air adalah Jaq, Pari Sakti, Millenium Aquatic, Indonesia Star Aquatic, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Tirta Taruna, Kuda Laut. 

"Kita bukan bermimpi, tapi punya rencana besar untuk membentuk timnas polo air yang kuat. Tidak hanya di Jakarta, kami juga akan membuat Liga Polo Air di beberapa kota besar lainnya," imbuh Dean yang tergabung dalam sukses Timnas polo air meraih emas di SEA Games 2019 Filipina

Menurut Wakil Ketua PB PRSI, Harlin E. Rahardjo, Liga polo air sangat bagus dan bakal menjadi sentra pembinaan olah raga polo air di Indonesia. 

"Yang pertama masyarakat kenal dulu dan polo air semakin popular. Kemudian seiring dengan Liga berjalan, akan muncul bibit-bibit polo air yang banyak. Ini bagus untuk pembinaan polo air, karena kita juga ingin mencetak sejarah baru mempertahankan medali emas polo air di SEA Games 2021," papar Harlin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.