Sukses

Akibat Virus Corona, Peserta Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 Diundi Ulang

Liputan6.com, Manila - Panitia Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 terpaksa mengundi ulang peserta menyusul mundurnya kontestan akibat penyebaran wabah virus Corona, Senin (10/2/2020).

Teranyar Tiongkok dan Hong Kong batal mengirim tim putra dan putri dari Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020. Mereka terbentur larangan pemerintah Filipina mengenai pendatang dari kedua negara tersebut.

Sebelumnya India terlebih dahulu urung mengandalkan tim putri mempertimbangkan alasan sama.

Berdasarkan hasil undian ulang, tim putra Indonesia yang awalnya berada di Grup A bersama India dan Filipina, kini hanya perlu memikirkan Korea Selatan. Sedangkan tim putri tetap di Grup Y Kejuaran Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 bersama Thailand dan Filipina.

"Memang perubahan draw ini bisa menguntungkan, bisa juga merugikan. Tapi dari awal kami sudah siap kalau ada perubahan seperti ini, yang penting dari tim dan individu masing-masing siap," ujar Manajer Tim Indonesia Susy Susanti dilansir Badminton Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Sisi Positif dan Negatif

Tim putra Indonesia semula mesti menghadapi dua lawan sekarang cuma meladeni satu pertandingan. Susy menyebutkan hal ini memberi dampak positif dan negatif.

"Di satu sisi kami bisa lebih irit tenaga. Tapi di pertandingan pertama, langsung dapat lawan yang lumayan kuat. Kami tidak boleh lengah," ujar Susy.

3 dari 4 halaman

Kelonggaran Lain

Panitia penyelenggara juga memberi kelonggaran kepada para para atlet untuk tidak bersalaman dengan lawan, wasit serta hakim servis, sebelum dan sesudah pertandingan. Hal bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Khusus untuk kejuaraan ini, para atlet diberi kelonggaran. Boleh salaman, boleh nggak salaman. Kalau nggak salaman, boleh cuma kasih salam seperti yang biasa dilakukan pemain asal Thailand," kata Susy.

Wakil Indonesia dijadwalkan mulai bertanding Rabu (12/2/2020). Tim putri bertanding terlebih dulu melawan tuan rumah Filipina pagi hari waktu setempat. Sedangkan tim putra bertarung versus Korea Selatan di esok hari.

4 dari 4 halaman

Hasil Undian Baru

Putra

Grup A

Indonesia, Korea Selatan

Grup B

India, Malaysia, Kazakhstan

Grup C

Chinese Taipei, Singapura, Filipina

Grup D

Jepang, Thailand

 

Putri

Grup W

Jepang, Malaysia

Grup X

Korea Selatan, Kazakhstan

Grup Y

Thailand, Indonesia, Filipina

Grup Z

Chinese Taipei, Singapura