Sukses

Wajah Baru KTM Tech 3 dalam Menyambut MotoGP 2020

Tokyo - Tim Red Bull KTM Tech 3 berada di posisi sepuluh klasemen tim pada MotoGP 2019. Hasil terbaik tim ini adalah ketika Miguel Oliveira finis posisi delapan pada lomba GP Austria.

Menuju musim MotoGP 2020, KTM Tech 3 membuat perubahan komposisi pembalap. Pembalap Malaysia, Hafizh Syahrin yang dicap gagal beradaptasi dengan motor KTM didepak.

Sebagai gantinya, Iker Lecuona yang merupakan rookie masuk di tim utama KTM Tech 3 tahun ini. Lecuona bakal bersanding dengan Oliveira.

Hanya saja misi untuk meraih hasil lebih baik ketimbang musim lalu terbilang berat. Karena baik Oliveira maupun Lecuona sama-sama menjalani operasi menuju musim baru.

Lecuona melakukan operasi di lengan kanan. Sementara Oliveira menjalani pembedahan pada bagian bahu. Kondisi di atas tentunya membuat keduanya belum 100 persen ketika memulai musim. Kans alami kesulitan pada MotoGP 2020 sudah aada di dalam benak Oliveira.

"Faktanya adalah saya mengalami pemulihan yang tidak mudah. Jelas saya tidak merasa 100 persen untuk mengendarai motor," kata Oliveira.

2 dari 3 halaman

Rekor Mustahil Lecuona

Lecuona sendiri menuju MotoGP 2020 dengan status sebagai pembalap paling muda. Dia baru genap 20 tahun pada 6 Januari lalu.

Menariknya ia memiliki peluang untuk mempertajam rekor Marc Marquez soal pebalap MotoGP termuda yang meraih kemenangan.

Marquez masih berusia 20 tahun 63 hari ketika merasakan podium pertama kelas MotoGP pada GP Amerika Serikat 2013. Hanya kans Lecuona mempertajam rekor Marquez nyaris mustahil.

Selain kondisi fisiknya belum 100 persen fit, motor KTM juga belum terbukti bisa bersaing meraih kemenangan.

Hanya saja, pemilik Tech 3, Herve Poncharal percaya diri setidaknya Lecuona bisa lebih baik dari pebalap rookie lainnya musim ini: Alex Marquez dan Brad Binder.

"Orang berpikir bahwa Lecuona tidak akan memiliki peluang melawan Marquez dan Binder. Tapi, saya tidak begitu yakin tentang itu. Saya tidak berpikir dia akan menjadi rookie paling lambat,” Poncharal menuturkan.

 

3 dari 3 halaman

Profil Singkat Pebalap Red Bull KTM Tech 3

Miguel Oliveira

Tempat/tanggal lahir

Pragal, Portugal/4 Januari 1995

Tinggi/Berat

170 cm/64 kg

Prestasi

Runner-up Moto3 2015 dan runner-up Moto2 2018

Karier MotoGP

Lomba: 19

Menang: 0

Podium: 0

Pole Position: 0

Poin: 33

Iker Lecuona

Tempat/tanggal lahir

Valencia,Spanyol/6 Januari 2000

Tinggi/Berat

180 cm/70 kg

Prestasi

Dua kali naik podium kelas Moto2

Karier MotoGP

Berstatus rookie

Sumber: MotoGP

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo/Aning Jati, published 2/2/2020)