Sukses

Wabah Virus Corona Tunda Liga Super China yang Diikuti Eks Pemain MU

Sejumlah agenda olahraga lainnya juga dibatalkan akibat wabah virus corona.

Liputan6.com, Jakarta Mantan pemain Manchester United (MU), Marouene Fellaini harus menunda ambisinya untuk segera merumput lagi bersama Shandong Luneng di Liga Super China pada musim ini. Kompetisi kasta tertinggi di Negeri Tirai Bambu tersebut terpaksa ditunda untuk waktu yang belum ditentukan. 

Wabah virus corona baru yang berawal dari kota Wuhan, China, belum juga terkendali hingga kini. Penyebarannya bahkan sudah meluas hingga ke luar Negeri Tirai Bambu. Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menetapkan wabah virus corona sebagai darurat kesehatan global. 

Situas terparah memang dialami oleh China. Virus yang belum ada vaksin untuk pencegahannya itu tidak lagi hanya ditemukan di Wuhan, tapi sudah merembet hingga ke beberapa provinsi di sana.

Selain mengganggu aktivitas warga, virus ini juga mengakibatkan sejumlah agenda olahraga dibatalkan. Mulai dari kualifikasi tinju untuk Olimpiade 2020 hingga Kejuaraan Dunia Atletik Indoor.

Kabar terbaru yang dilansir dari BBC menyebutkan, wabah virus corona juga memaksa China Super League ditunda. Padahal kompetisi ini sudah dijadwalkan bergulir mulai bulan depan.

Seperti diketahui, sejak meninggalkan MU tahun lalu, Fellaini memutuskan bergabung dengan Shandong Luneng. Musim lalu tim ini berada di peringkat kelima klasemen akhir Liga Super China.  

Selain Fellaini, mantan pemain Manchester City, Yaya Toure, juga ikut berlaga di China Super League. Seperti diketahui pemain asal Pantai Gading itu kini memerpkuat klub Qingdao Huanghai.

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Penyebaran Virus Corona

Liga Super China sejatinya akan bergulir mulai 22 Februari hingga 31 Oktober 2020. Namun sejauh ini belum ada pernyataan resmi terkait kapan Kompetisi kasta tertinggi Tirai Bambu ini bakal dimulai. 

Dalam pernyataannya, Asosiasi Sepak Bola China (CFA) mengaku tidak punya pilihan lain. Mereka terpaksa menunda kompetisi di semua level demi menghambat penyebaran virus corona tersebut. 

"Kompetisi sepakbola nasional musim 2020 di semua tingkatan" ditunda demi membantu "pencegahan dan pengendalian epidemi pneumonia dari infeksi virus corona baru, dan untuk melindungi kesehatan penggemar, media, pemain, pelatih, ofisial permainan, klub dan staf lokal," pernyataan resmi CFA.

 

3 dari 3 halaman

Agenda Olahraga Lainnya

Sementara itu, wabah virus corna juga telah mengganggu sejumlah agenda olahraga lainnya. Kejuaraan Dunia Ski di Yanqing pada 15 dan 16 Februari juga telah resmi dibatalkan. Sedangkan balapan Formula E di Sanya, China pada 21 Maret 2020 untuk sementara masih ditangguhkan. 

Balapan Formula 1 juga dijadwalkan akan berlangsung di Shanghai pada 17-19 April 2020. Meski belum resmi dibatalkan, pihak penyelenggara sampai saat ini terus memantau situasi di China. 

Wabah virus corona tidak hanya membuat Tiongkok kelimpungan. Negara-negara lain juga kini sibuk melakukan langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus yang diduga berasal dari kelelawar itu.

Di Australia, timnas putri China yang kebetulan tengah berada di Brisbane, Queensland, Australia terpaksa dikarantina di hotel menyusul penemuan kasus virus corona pertama di negara itu. Tim putri China seharusnya bertemu Thailand pada babak kualifikasi Olimpiade 2020 di Sydney, Senin ini. 

Pertandingan akan tetap dijalankan, namun jadwalnya telah diubah. 

Pejabat berwenang China menyebutkan, hingga 29 Januari 2020, pihaknya telah menemukan 7711 kasus virus corona. Sebanyak 170 di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Kasus yang sama juga baru ditemukan di Tibet dan telah menyebar ke sejumlah daerah di daratan China. Selain itu, kasus virus corona juga telah ditemukan setidaknya di 16 negara di luar China. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.