Sukses

Tewas dalam Kecelakaan Helikopter, Ini Prestasi Kobe Bryant yang Pernah Raih Oscar

Liputan6.com, California - Seorang forward NBA bertubuh mungil, hanya 6 kaki dan 6 inchi, Kobe Bryant, telah tiada. Dia tewas dalam kecelakaan helikopter di Calabasas dekar Los Angeles, California pada Minggu (26/1/2020) pukul 10.00 waktu setempat.

Kobe Bryant masuk ke panggung NBA dari sekolah menengah, pada tahun 1996. Dia tercatat menjadi pemain termuda dalam sejarah NBA.

Pria kelahiran Philadelphia itu menjadi legenda LA Lakers hingga memutuskan pensiun dari dunia NBA pada 2016. Kendati postusnya mungil, dia sudah memenangkan lima gelar NBA. Cincin juara NBA diraih Kobe Bryant pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010.

Kobe Bryant, yang tewas di usia 41 tahun, juga membantu Amerika Serikat memenangkan dua medali emas Olimpiade di tahun 2008 dan 2012 dari cabang olahraga basket.

Saat bermain di All Star Game, Kobe bahkan mencatatkan diri sebagai yang terbaik sebanyak 4 kali, yaitu pada 2002, 2007, 2009, dan 2011.

Berbagai torehan prestasi itu menjadikan Kobe Bryant dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di NBA. Namanya sejajar dengan legenda seperti Michael Jordan atau Magic Johnson. Dia menutup kariernya di NBA pada 2016, setelah bermain selama 20 musim.

Untuk menghormati prestasi yang diraih Kobe Bryant, Los Angeles Lakers memensiunkan nomor punggung 8 dan 24 yang dikenakannya selama bermain.

Saat ini, dia berada dalam daftar keempat skor terbanyak sepanjang sejarah NBA, 33.644 poin. Kobe Bryant juga memenangkan dua penghargaan MVP NBA Finals.

 

2 dari 4 halaman

Pernah Raih Oscar

Selain prestasinya sebagai seorang atlet, Kobe Bryant tercatat sebagai olahragawan pertama yang meraih Oscar, sebuah penghargaan di dunia film Hollywood.

Melalui film 'Dear Basketball', pemilik lima cincin NBA itu meraih Oscar untuk kategori Animated Short Film. Film ini dibuat Kobe dan dibantu oleh Glen Keane. Kobe membuat film ini berdasarkan surat pensiunnya yang termuat di Players Tribune.

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Kecelakaan

TMZ Sports melansir, helikopter pribadi Kobe mengalami kebakaran dan sempat berputar-putar di langit.

Tak ada penumpang yang selamat dalam kecelakaan mengerikan tersebut. Hingga kini penyebab kecelakaan masih dalam investigasi pihak berwenang.

Sementara itu, istri Bryant, Vanessa, dipastikan tidak termasuk di antara mereka yang naik helikopter.

4 dari 4 halaman

Saksikan Kobe Bryant berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
DBL All-Star Dapat Kesempatan Pakai Fasilitas Latihan Milik Mendiang Kobe Bryant
Artikel Selanjutnya
DBL All-Star 2019 Latihan di Mamba Sports Academy Milik Kobe Bryant