Sukses

Liverpool Ukir Rekor Sempurna di Liga Inggris, Masih Sulit Imbangi Rekor Tak Kalah Chelsea

Liverpool- Liverpool sudah melewati 1.003 hari dan 51 pertandingan kandang tanpa sekali pun menelan kekalahan di pentas Premier League. Namun, itu belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan rekor Chelsea.

Chelsea mencatatkan 86 laga tanpa kalah di kandang pada tahun 2004 hingga 2008. Empat tahun lamanya, The Blues berhasil menjaga kesucian Stamford Bridge.

Membandingkan rekor tersebut dengan performa Chelsea musim ini, tentu catatan ini bagai langit dan bumi. The Blues musim ini begitu ringkih dan Stamford Bridge bukan lagi tempat yang angker buat tim tamu.

Namun dulu, dimulai sejak era Claudio Ranieri, tepatnya enam laga kandang jelang berakhirnya musim 2003-2004, raihan impresif itu dimulai. Ranieri 'mewariskan' enam laga kandang tanpa kalah kepada Jose Mourinho ke musim berikutnya.

Manajer berikutnya, Avram Grant, meski dicap gagal, tetap berhasil mencegah Chelsea menelan kekalahan di kandang. Pria asal Israel itu bahkan nyaris memberikan gelar Premier League dan Liga Champions.

Kendali nahkoda kapal The Blues kemudian berganti lagi. Musim 2008-2009, Luis Felipe Scolari yang jadi manajer. Berbekal pengalaman pernah melatih Timnas Brasil, Scolari diharapkan bisa memberikan warna baru Chelsea.

Namun, banyak yang tak sadar bahwa Scolari mengemban tugas yang sangat berat, yakni meneruskan tren 1.462 hari tanpa kalah di kandang pada ajang Premier League. Sebuah rekor yang fantastis, yang nyaris mustahil dipecahkan tim lain.

Saat itu, rekor yang dipegang Chelsea juga tidak begitu dianggap oleh banyak orang. Berbeda dengan musim ini, dimana Liverpool 'baru' melewati 1.003 hari dan 51 laga kandang tanpa kekalahan, namun gegap gempitanya didengung-dengungkan setiap saat.

2 dari 3 halaman

Misi Mustahil buat Liverpool?

Chelsea melewati 1.462 malam, 86 pertandingan kandang, dan empat tahun untuk mencapai rekor yang sangat fantastis ini. Belum ada tim yang sanggup mendekati raihan The Blues, kecuali mungkin Liverpool.

Jalan panjang harus ditempuh oleh Liverpool untuk melewati rekor Chelsea. Paling cepat, Liverpool baru bisa memecahkan rekor tersebut pada November 2022.

Rinciannya, Liverpool tak pernah kalah pada:

  • Sisa 7 laga kandang musim ini
  • Semua 19 laga kandang musim 2021-2022
  • 10 laga kandang pertama musim 2021-2022

Dengan koleksi 51 laga tanpa kalah di kandang hingga detik ini, maka Liverpool butuh 36 pertandingan kandang lagi guna memecahkan rekor baru di Premier League. Mustahil?

Fakta menarik yang perlu diketahu adalah, setelah 1.462 hari Stamford Bridge terhindar dari kekalahan di Premier League, tepat pada 26 Oktober 2008, Liverpool yang menghentikan rekor Chelsea.

Seperti ini susunan pemainnya:

Chelsea: Cech; Bosingwa (Sinclair 84), Carvalho, Terry, Cole; Mikel, Kalou (Di Santo 58), Deco, Lampard, Malouda (Belletti 58), Anelka

Liverpool: Reina; Arbeloa, Carragher, Agger, Aurelio; Alonso, Mascherano, Kuyt (Lucas 88), Gerrard, Riera (Hyypia 90), Keane (Babel 60)

Xabi Alonso menjadi aktor protagonis pada laga tersebut. Ia mencetak satu-satunya laga tersebut. Usai pertandingan, Rafael Benitez sampai mengatakan kemenangan itu 'nyaris sempurna'.

"Kami tahu soal rekor tersebut. Itu jadi motivasi tambahan dan dengan mentalitas yang benar, saya lihat anak-anak bermain dengan karakter dan kualitas yang sejalan. Anak-anak menampilkan permainan yang luar biasa. Mereka terus menekan dan menekan, nyaris sempurna," katanya.

3 dari 3 halaman

Video

Loading
Artikel Selanjutnya
Liga Champions: Lampard Sebut Munchen Beri Chelsea Pelajaran Menyakitkan
Artikel Selanjutnya
3 Pemain yang Harus Hengkang dari Chelsea Musim Panas Mendatang