Sukses

PB PABBSI Targetkan 5 Lifter Indonesia Tampil di Olimpiade 2020

PB PABBSI bertekad mengirimkan lima lifter ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Jakarta - Dua lifter andalan Indonesia, yakni Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah, dipastikan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. Meski begitu, Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) ingin menambah tiga lifter lagi.

"Saat ini, kami memang sudah berhasil meloloskan Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah," kata Pelatih Kepala Tim Angkat Besi Indonesia, Dridja Wihardja.

"Tetapi, kami ingin meloloskan tiga lifter lagi ke Olimpiade 2020 nanti. Jadi, Tim Angkat Besi Indonesia bisa diperkuat lima lifter," lanjutnya.

Memang target lima lifter itu lebih kecil dibandingkan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Hal ini terkait dengan adanya perubahan sistem penentuan lifter yang diterapkan untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade.

"Perubahan sistem penentuan ini membuat persaingan lebih ketat. Dulu itu ditentukan dengan poin tim tetapi sekarang dengan poin individu di mana setiap negara mendapatkan jatah satu lifter setiap kelasnya. Itulah yang menjadi penyebab berkurangnya target lifter yang bisa diwujudkan," jelasnya.

Menurut Dirdja Wihardja, lifter Indonesia harus berada di peringkat 8 besar dunia untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Tokyo. Saat ini, baru Eko Yuli Irawan (kelas 61kg) yang menempati peringkat kedua dunia, dan Windy Cantika Aisah (kelas 49kg putri) peringkat enam dunia yang lolos.

Namun, Indonesia masih punya peluang untuk meloloskan empat lifter lagi yakni Denny (kelas 67kg putra) peringkat 12 dunia, Rahmat Erwin Abdullah (73kg) peringkat 16 dunia, Nurul Akmal (kelas +87kg) peringkat 12 dunia, dan Triatno (kelas 73kg) peringkat 17 dunia.

"Masih ada empat babak kualifikasi Olimpiade 2020Tokyo untuk mengejer peringkat 8 besar. Mudah-mudahan target yang dicanangkan bisa terwujud," tandasnya.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turnamen Jelang Olimpiade 2020

Pada Fadjar International Tournament di Iran, 1-5 Februari 2020, Tim Angkat Besi Indonesia akan diperkuat Eko Yuli Irawan, Triatno, dan Denny.

Lalu, Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia di Taskhen, Uzbekistan, 13-19 Februari akan tampil Windy Cantika Aisah (49kg putri), Rahmat Erwin Abdullah (73kg putra), Yuliana Clarissa (55kg), Putri Aulia (59kg putri), M Fathir (61kg).

Pada Kejuaraan Angkat Besi Dunia di Rumania, 14-20 Maret 2020, Indonesia kembali menurunkan Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah.

"Kami sengaja mengirimkan Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah karena cukup berpeluang," kata Dirdja.

Babak kualifikasi terakhir Olimpiade 2020 yakni Kejuaraan Angkat Besi Asia di Kazakhstan, 7-15 April 2020. Indonesia akan menerjunkan Denny, Eko Yuli Irawan, dan Nurul Akmal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.