Sukses

Kapten Liverpool Samai Prestasi Iniesta dan Sergio Ramos

Kapten Liverpool menyamai prestasi pemain sepak bola top lain seperti Sergio Ramos dan Andres Iniesta yang berhasil meraih gelar treble di level internasional.

Liputan6.com, Liverpool- Kapten Liverpool, Jordan Henderson kini bisa disamakan dengan pemain elite dunia lainnya dalam hal torehan gelar internasional. Usai memenangi Piala Dunia Antarklub 2019, Henderson kini menyamai jejak Sergio Ramos dan Iniesta yang menjadi dua diantara tujuh kapten di Eropa yang pernah membantu timnya memenangi treble internasional.

Henderson baru saja membawa Liverpool jadi juara Piala Dunia Antarklub 2019. Ia membantu The Reds memenangi trofi tersebut setelah mengalahkan Monterrey di semifinal dan Flamengo di babak final.

Kemenangan ini sendiri sangat bersejarah. Ini adalah pertama kalinya Liverpool meraih trofi tersebut di sepanjang sejarah mereka.

Kemenangan itu juga menciptakan sejarah baru. Liverpool jadi satu-satunya tim asal Inggris yang bisa mencatatkan treble internasional di tahun kalender yang sama. Pasukan Jurgen Klopp sebelumnya menjadi juara Liga Champions 2018-19. Setelah itu mereka memenangi trofi UEFA Super Cup.

Bagi Henderson, kemenangan itu juga mencatatkan sejarah penting. Ia jadi satu-satunya kapten asal Inggris yang pernah membawa timnya meraih treble internasional.

Namanya pun berhak masuk ke jajaran elit kapten di Eropa yang pernah meraih prestasi yang sama. Di antaranya Sergio Ramos, kapten Real Madrid dan Andres Iniesta, mantan kapten Barcelona.

Tak mudah untuk bisa mencatatkan prestasi ini. Pemain legendaris seperti Paolo Maldini dari AC Milan dan Javier Zanetti dari Inter Milan bahkan gagal melakukannya.

Selain Jordan Henderson, berikut daftar lengkap kapten di Eropa yang pernah membawa timnya meraih treble internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fernando Hierro

Fernando Hierro adalah salah satu legenda Real Madrid. Raihan treble international itu ia catatkan pada tahun 2002 silam.

Ia membawa Madrid jadi juara Liga Champions setelah di final mengalahkan Bayer Leverkusen 2-1. Di ajang UEFA Cup, ia membawa Los Blancos menaklukkan Feyenoord dengan skor 3-1.

Kemudian di ajang Piala Dunia Antarklub (saat itu masih diberi nama Interkontinental Cup), Madrid berhadapan lawan Olimpia. Hierro membawa Madrid menumbangkan wakil Paraguay tersebut dengan skor 2-0 di Yokohama International Stadium di Jepang.

 

3 dari 7 halaman

Carles Puyol

Di Liga Champions, Puyol membawa Barca mengalahkan Manchester United 2-0. Kemudian di ajang UEFA Super Cup, Barcelona mengakhiri perlawanan Shakhtar Donetsk dengan skor tipis 1-0.

Di ajang Piala Dunia Antarklub, Barcelona dihadapkan dengan wakil Argentina, Estudiantes, di Abu Dhabi. Sama seperti Liverpool, Puyol dkk dipaksa bermain melalui babak extra time, sebelum akhirnya menang 2-1.

 

4 dari 7 halaman

Philipp Lahm

Ia adalah legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen. Defender serba bisa ini membawa Bayern meraih treble internasional pada tahun 2013.

Di Liga Champions, Bayern dibawanya mengalahkan tim senegaranya yakni Borussia Dortmund, yang saat itu masih ditangani oleh Jurgen Klopp. Dortmund saat itu dikalahkan dengan skor 2-1.

Di UEFA Super Cup, Bayern berhadapan dengan Chelsea. Keduanya bermain imbang 2-2 hingga babak extra time. Pada babak adu penalti, Lahm dkk akhirnya menang 5-4.

Di Piala Dunia Antarklub, Bayern Munchen dihadapkan dengan wakil Maroko, Raja Casablanca di Marrakesh. Hasilnya, Lahm cs menang 2-0.

 

5 dari 7 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta adalah legenda Barcelona. Hebatnya ia tak cuma sekali namun dua kali meraih treble international yakni pada tahun 2011 dan 2015.

Di tahun 2011, di Liga Champions Barca dibawanya mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1. Kemudian pada tahun 2015, Blaugrana dibawanya mengalahkan Juventus 3-1 juga.

Kemudian UEFA Super Cup 2011, Barca dibawanya menang atas FC Porto dengan skor 2-0. Sementara pada tahun 2015, Blaugrana jumpa Sevilla dan akhirnya menang 5-4 setelah melalui babak extra time.

Di ajang Piala Dunia Antarklub edisi 2011, Barca berjumpa wakil Brasil, Santos. Iniesta dkk menang telak 4-0 di laga yang dihelat di Yokohama, Jepang.

Kemudian pada Piala Dunia Antarklub edisi 2015, Barca dipertemukan dengan wakil Argentina, River Plate. Duel yang juga dihelat di Yokohama ini dimenangi Blaugrana dengan skor telak 3-0.

 

6 dari 7 halaman

Iker Casillas

Ia adalah legenda dan mantan kiper nomor satu Real Madrid. Los Blancos pernah dibawanya meraih treble international pada tahun 2014.

Di Liga Champions, Real Madrid bertarung lawan Atletico Madrid di final. Setelah melalui babak extra time, Casillas membawa timnya menang dengan skor telak 4-1.

Sementara itu di ajang UEFA Super Cup, Real Madrid dipertemukan dengan wakil Spanyol lainnya yakni Sevilla. Kali ini Casillas cs menang 2-0 langsung.

Di ajang Piala Dunia Antarklub, Madrid bersua dengan wakil Argentina, San Lorenzo di Marrakesch, Maroko. Casillas memimpin timnya menang 2-0.

 

7 dari 7 halaman

Sergio Ramos

Ia adalan kapten Real Madrid saat ini. Ia memimpin Los Blancos meraih treble internasional dua kali yakni pada tahun 2016 dan 2017.

Di Liga Champions pada tahun 2016, Ramos memimpin Madrid mengalahkan Atletico Madrid 5-3 melalui adu penalti. Di tahun 2017, ia membantu timnya mengalahkan Juventus 4-1.

Kemudian di UEFA Super Cup 2016, Madrid berhadapan dengan Sevilla dan menang 3-2. Pada tahun 2017, Los Blancos menjinakkan Manchester United 2-1.

Pada Piala Dunia Antarklub 2016, Madrid bersua dengan wakil Jepang, Kashima Antlers di final. Setelah melalui babak adu penalti, Ramos dkk menang 4-2.

Setahun berikutnya, di final di Abu Dhabi, Real Madrid berjumpa dengan Gremio. Wakil Brasil itu ditaklukkan oleh Sergio Ramos dkk dengan skor 1-0.

Disadur dari Bola.net (Dimas Ardi, published 25/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Jordan Henderson adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool
    Jordan Henderson adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool

    Jordan Henderson

  • Andrés Iniesta adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Spanyol.
    Andrés Iniesta adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Spanyol.

    Andres Iniesta

  • Sergio Ramos adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Paris Saint-Germain dan Tim Nasional Spanyol.
    Sergio Ramos adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Paris Saint-Germain dan Tim Nasional Spanyol sebagai bek tengah.

    Sergio Ramos

Video Terkini