Sukses

Penjaga Kantin Bantu Striker Garuda Select Belajar Bahasa Inggris

Nantinya, pada Januari 2020, Garuda Select bakal melakukan uji coba di Italia.

Liputan6.com, Birmingham - Striker Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi mendapat kesempatan bergabung dengan Garuda Select yang sedang menjalani pemusatan latihan di Birmingham, Inggris.

Bagus Kahfi bukan orang baru di skuat Garuda Select. Dia merupakan generasi pertama dari program kerja sama antara PSSI dengan Mola TV.

Kendati bukan nama baru, Bagus Kahfi rupanya belum fasih menggunakan Bahasa Inggris. Dia harus bekerja keras belajar Bahasa Inggris selama mengikuti pelatihan di Aston University, Birmingham.

Namun, pria berusia 17 tahun itu tak mau kendala bahasa menjadi masalah utama. Alhasil, dia harus belajar Bahasa Inggris dari penjaga kantin di tempatnya berlatih.

"Biasanya kami melatih percakapan dengan orang-orang di tempat makan. Mereka sangat terbuka. Bahkan senang melihat anak-anak mau belajar. Kami pun perlahan sudah mulai terbiasa," kata Bagus, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Nantinya, pada Januari 2020, Garuda Select bakal melakukan uji coba di Italia. Mereka akan menghadapi tim di Italia seperti Juventus hingga Como.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brylian Aldama Kesulitan

Lain Bagus, lain halnya dengan Brylian Aldama. Ia mengakui punya dasar Bahasa Inggris yang cukup baik. Namun, pemain yang sempat membela Persebaya di kompetisi Elite Pro Academy itu mengaku kesulitan jika harus merespons perkataan lawan bicara.

"Saya cukup mengerti mereka bilang apa. Hanya saja bingung bagaimana menjawab. Kabarnya angkatan yang sekarang itu ada guru bahasa jadi para pemain bisa belajar langsung. Mau tidak mau memang kami harus menguasai Bahasa Inggris,” ucap Brylian.

Program Garuda Select memang tidak hanya terfokus pada pengembangan kemampuan teknis para pemain. Tingkat intelejensi serta wawasan umum juga menjadi perhatian tim pelatih yang menangani mereka selama berada di Inggris.

 

3 dari 3 halaman

Generasi Kedua

Garuda Select kali ini merupakan angkatan kedua. Sebelumnya Garuda Select berlangsung hanya di Inggris selama lima bulan hingga Mei 2019. Sementara Garuda Select angkatan kedua selain bermarkas di Bimingham, Inggris, juga akan merasakan pelatihan di Como, Italia, sehingga para pemain dapat merasakan bermain menghadapi lawan dengan tipe permainan dan taktik yang berbeda.

Arsenal, Leicester, Chelsea, dan lawan lawan lama dari musim lalu kembali akan menjajal tim Garuda Select. Namun kali ini ada tambahan beberapa lawan baru seperti Manchester City di Inggris dan Como, Torino, Juventus, serta Internazionale.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.