Sukses

Arti Logo SEA Games yang Jadi Bahan Lelucon di Dunia Maya

Jakarta - Pagelaran SEA Games 2019 ramai dibicarakan di media sosial. Filipina sebagai tuan rumah dianggap tidak siap menggelar event tahun ini.

Sejumlah protes dilayangkan ofisial dan atlet peserta SEA Games 2019. Mulai dari moda transportasi yang tak memadai sampai pada permasalahan makanan halal dan non-halal yang tak begitu dipersiapkan dengan baik.

Namun, bukan hanya pelaksanaan SEA Games yang jadi sorotan. Logo yang digunakan dalam ajang multievent antarnegara Asia Tenggara itu juga sempat jadi perbincangan.

Bagaimana tidak, desain logo yang dipilih panitia penyelenggara itu disebut cukup unik. Penggemar hanya akan melihat 11 bulatan berbeda warna yang disatukan dengan formasi saling tindih.

Sejumlah supoerter mempertanyakan arti dari logo yang dipilih Panitia Penyelenggara Pesta Olahraga Asia Tenggara Filipina (PHISGOC) itu. Namun pertanyaan tersebut terjawab.

Lingkaran-lingkaran yang menyusun logo SEA Games ke-30 itu dibuat bukan tanpa alasan. Lingkaran yang berjumlah 11 merepresentasikan jumlah peserta yang ikut dalam perhelatan tahun ini.

Mereka adalah Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipuna, Timor Leste dan Brunei Darussalam. Meski demikian, keputusan penggunaan lingkaran serta ukuran bulatan yang dipergunakan sebagai representasi peserta SEA Games masih menjadi misteri. 

Tak ada penjelasan resmi tentang keputusan penggunaan ukuran lingkaran yang dibuat berbeda-beda tersebut. Dalam situs resminya, SEA Games hanya menjelaskan arti dari maskot mereka tahun ini yang bernama Pami.

Pami yang juga memiliki desain bulatan-bulatan itu disebut sebagai representasi negara, olahraga, dan atlet yang saling bekerja sama dalam kompetisi tersebut. Pami diambil dari Bahasa Tagalog, Pamilya, yang artinya keluarga.

2 dari 5 halaman

Jadi Bahan Guyonan

Bukan hanya ruang konferensi pers yang sempat jadi bahan guyonan. Logo SEA Games ke-30 itu juga sempat jadi sorotan pengguna media sosial.

Mereka bahkan melayangkan sederet guyonan atas desain logo tersebut. Guyonan yang dilontarkan juga bermacam-macam, mulai dari prediksi pembuatan sampai pada kemiripan logo dengan beberapa obyek lainnya.

Aku @Eunickron, membandingkan logo SEA Games dengan setumpuk karet gelang berwarna-warni. Satu pengguna Twitter bahkan mengunggah video tentang prediksi pembuatan logo bulat-bulat ala SEA Games Filipina tersebut.

Yang menarik, ia hanya meletakkan bulatan-bulatan secara sembarangan kemudian menambahkan tag line "Philippines 2019 30 SEA Games".

3 dari 5 halaman

Guyonan Prediksi Desain SEA Games

4 dari 5 halaman

Mirip Tumpukan Karet?

5 dari 5 halaman

Mirip Mainan Anak 90-an

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hesti Puji Lestari/Editor: Yus Mei Sawitri, published 27/11/2019)

Highlights Voli Putra Indonesia vs Filipina SEA Games 2019
Loading
Artikel Selanjutnya
Prediksi Borneo FC Vs Persib: Demi Finis Runner-Up
Artikel Selanjutnya
Prediksi Persela Vs PSS: Laskar Joko Tingkir Percaya Diri