Sukses

Tes Pramusim MotoGP: Maverick Vinales Sulit Terbendung

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha belum terkalahkan sebagai pebalap tercepat di sesi tes pramusim MotoGP 2020 yang digelar selama dua hari di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, Senin-Selasa (25-26/11).

Posisi Vinales sebagai yang tercepat juga tak tergusur meski Marc Marquez tampil memuncaki catatan waktu di hari kedua. Itu lantaran torehan gemilang Vinales di hari pertama. Seperti dirilis situs resmi MotoGP, keduanya terpaut 0,689 detik.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) melengkapi peringkat tiga waktu kombinasi terbaik selama tes di Jerez. Pekan lalu, Vinales juga tampil tercepat di sesi tes pramusim yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. 

Pada sesi tes hari kedua MotoGP 2020 yang sebagian besar diganggu oleh hujan, duet Yamaha Vinales dan Valentino Rossi meneruskan pengembangan motor purwarupa YZR-M1 2020.

Vinales menyelesaikan hanya 15 putaran dan mencetak waktu tercepatnya di lap ke-9 untuk finis P3, sementara Rossi menjajal komponen baru di trek basah Jerez dan menyelesaikan 33 putaran.

 

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Masing-Masing

Keduanya mendapat jatah masing-masing satu motor spesifikasi 2020, yang memiliki desain tangki yang sedikit berbeda, dan satu motor M1 2019 tersedia di garasi.

"Sesungguhnya saya merasa sangat nyaman dengan motor ini, membalap dengan cara yang sangat baik," kata Vinales seperti dikutip laman resmi tim.

"Kemarin saya merasa fantastis di setiap lap dan itu yang paling penting. Saya mengakhiri musim 2019 dengan perasaan yang baik dan motivasi yang tinggi, dan itu yang terus mendorong kalian ketika menyiapkan musim baru.

"Yamaha bekerja sangat keras, tapi kami masih harus membenahi kecepatan puncak. Tentunya area lain cukup kuat, tapi kami masih harus fokus memperbaiki area lain yang lebih lemah untuk tes berikutnya di Sepang."

3 dari 5 halaman

Uji Lengan Ayun

Sementara itu Rossi menguji lengan ayun alumunium di kedua motornya pada hari kedua tes Jerez, setelah sebelumnya menggunakan lengan ayun dari serat karbon di hari pertama sedangkan Vinales tampak cukup puas dengan menggunakan lengan ayun alumunium sepanjang tes.

Rossi finis P10 hari itu dan P11 secara keseluruhan, terpaut 1,221 detik dari Vinales.

"Sangat disayangkan cuaca hari ini. Ini adalah hari yang penting karena kami harus bekerja membandingkan antara motor baru dan lama, jadi kami memiliki program yang baik, tapi sayangnya kami hanya menjalani sepuluh lap dalam kondisi kering dan setelah itu sejumlah putaran lainnya dalam keadaan basah," kata Rossi.

"Tapi perasaannya positif, sangat lebih baik dari kemarin. Dalam kondisi kering saya cukup lebih cepat. Saya memperbaiki waktu putaran terbaik dari hari kemarin setelah tiga lap, dan sekarang saya lebih kompetitif.

"Setelah hujan kami bekerja dengan motor baru dalam keadaan basah, dan tak terlalu buruk."

Sesi tes pramusim di Jerez menjadi kesempatan terakhir para pebalap menggeber motor mereka sebelum memasuki jeda musim dingin.

Tes pramusim selanjutnya akan digelar di Sepang, Malaysia pada 7-9 Februari.

 

4 dari 5 halaman

10 Besar Catatan Waktu Kombinasi Tes di Jerez

1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:37,131

2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,689

3. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,706

4. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,754

5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,828

6. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,855

7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,969

8. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,982

9. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 1,080

10. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 1,122

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Vinales di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Andrea Dovizioso Penasaran dengan Ban Anyar Michelin, Jadi Kunci Kalahkan Marquez
Artikel Selanjutnya
Jadwal MotoGP 2020: Ada Tuan Rumah Baru