Sukses

Bukan Cuma Persebaya, 5 Klub Shopee Liga 1 Ini Juga Produksi Jersey Sendiri

Jakarta - Persebaya Surabaya memainkan peran sebagai pelopor dalam penggunaan apparel produksi sendiri untuk mengarungi kompetisi. Klub kebanggaan Kota Pahlawan itu mulai melakukannya sejak mengikuti Liga 2 2017.

Langkah Persebaya berlanjut pada perhelatan Liga 1 pada 2018 dan 2019. Mereka tetap menggunakan apparel sendiri yang tidak mencantumkan brand.

Persebaya mampu meraup keuntungan besar dari produk apparel mereka. Sampai pertengahan November 2019, mereka memperoleh pendapatan kotor Rp19,5 miliar dari sektor ini.

Namun, harga jersey Persebaya terbilang paling mahal jika dibandingkan dengan kontestan lain di Liga 1. Persebaya memasang harga Rp799 ribu untuk jersey authentik mereka.

Dalam kompetisi Liga 1 tidak hanya Persebaya yang menggunakan apparel sendiri. Bola.com merangkum klub-klub Liga 1 yang menggunakan apparel sendiri.

2 dari 6 halaman

1. Bali United

Bali United mulai menggunakan apparel sendiri saat berkompetisi di Liga 1 2018. Alasan Bali United menggunakan kebijakan tersebut karena ingin memanjakan suporter.

Bali United ingin jersey tim dapat dibeli dengan harga yang pas di kantong masyarakat Indonesia. Meski menggunakan apparel sendiri, namun dari segi bisnis dan kualitas jersey mereka cukup baik.

Jersey Bali United dibanderol dengan harga Rp390 ribu.

 

3 dari 6 halaman

2. Arema FC

Arema FC memutuskan menggunakan apparel pribadi setelah putus kontrak dengan Munich X pada Agustus 2019. Arema FC memperkenalkan nama apparel mereka, yakni Singo Edan Apparel (SEA).

Arema FC memasang harga Rp350 ribu untuk jersey original mereka. Jersey ini pertama kali diperkenalkan saat pertandingan melawan Persebaya dalam laga pekan ke-14 Shopee Liga 1, Kamis (15/8/2019).

 

4 dari 6 halaman

3. Borneo FC

Borneo FC juga menggunakan apparel sendiri untuk berlaga di Shoppe Liga 1. Mereka menggunakan apparel berlabel NH Project.

NH Project merupakan singkatan dari Nabil Husein yang menjadi pemilik klub asal Samarinda tersebut. Harga jersey asli di Store mereka mencapai Rp370 ribu.

 

5 dari 6 halaman

4. Barito Putera

Barito Putra juga menggunakan apparel sendiri untuk memenuhi kebutuhan jersey mereka. Mereka mencantumkan logo H yang merupakan inisial dari nama Hasnur sang pemilik klub.

Jersey Barito Putra dapat dibeli secara online dengan harga Rp250 ribu.

 

6 dari 6 halaman

5. Perseru Badak Lampung

Klub Perseru Badak Lampung menggunakan apparel sendiri untuk berlaga di Shopee Liga 1. Namun, mereka belum mencantumkan brand mereka di jersey.

Jersey Perseru Badak Lampung dibanderol sebesar Rp275 ribu. Jersey tersebut bisa dibeli secara online.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hanif Sri Yulianto/Editor: Yus Mei Sawitri, published 14/11/2019)