Sukses

Hasil Piala Uber 2024: Lanny/Ribka Takluk, Indonesia vs Korea Selatan 2-2 dan Laga Berlanjut ke Partai Penentu

Ganda putri bulu tangkis Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto gagal menyumbang poin ketiga buat Indonesia dalam duel semifinal Piala Uber 2024 melawan wakil Korea Selatan Jeong Na-eun/Kong Hee-yong, sehingga laga terpaksa berlanjut ke partai penentu.

Liputan6.com, Jakarta Ganda putri bulu tangkis Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto gagal menyumbang poin ketiga buat Indonesia dalam duel semifinal Piala Uber 2024 melawan Korea Selatan.

Mereka dipaksa takluk dengan straight game, 15-21 dan 14-21 oleh Jeong Na-eun dan Kong Hee-yong di Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China pada Sabtu (4/5/2024) siang WIB.

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto langsung terlibat persaingan sengit dengan ganda putri Korea Selatan di awal game pertama. Duo pasangan saling kejar-mengejar skor hingga kedudukan 6-6.

Sayangnya, Jeong Na-eun/Kong Hee-yong mulai gencar menunjukkan pengalaman bermain dan naik ke podium level-level tinggi di hadapan wakil Indonesia. Mereka tampil begitu spartan serta kerap mengeksplotasi kekosongan di area pertahanan Merah Putih, yang memaksa Lanny/Ribka berada di posisi minor 9-11 saat interval.

Jeong/Kong makin tancap gas selepas jeda. Lanny/Ribka dibuat pontang-panting mengejar shuttlecock dan masih tertinggal hingga kedudukan 10-13. Ganda putri Indonesia tak mampu berbuat banyak mendekati akhir game pertama. Kombinasi kesalahan sendiri dan permainan agresif Jeong Na-eun/Kong Hee-yong membuat Lanny/Ribka menyerah dengan 15-21 di set pembuka.

Pasangan Merah Putih coba bermain lebih agresif memasuki game kedua. Lanny/Ribka meladeni pola cepat pasangan Korea dan tak menyia-nyiakan peluang untuk menggempur pertahanan Jeong/Kong. Cara ini efektif membawa duo Indonesia unggul sementara 5-3.

Sayangnya, dominasi tersebut tak bertahan lama. Wakil dari negeri ginseng mulai kembali menyamai perolehan poin Indonesia, sebelum Lanny/Ribka bergegas menutup interval set kedua lewat kepemimpinan 11-9.

Jeong Na-eun/Kong Hee-yong berhasil mengambil alih kendali usai mengumpulkan 9 angka berturut-turut pasca jeda. Srikandi Merah Putih kini gantian tertinggal 11-18 dan mulai kesulitan menyeimbangkan pola permainan duo Korea.

Dalam waktu relatif singkat, Jeong/Kong sudah berhasil menumbangkan Lanny/Ribka. Wakil Indonesia kembali dipaksa menyerah dengan 14-21.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Tunggal Menang, Apri/Fadia Takluk

Adapun di partai sebelumnya, Indonesia mengumpulkan dua poin yang semuanya diraup lewat sektor tunggal putri. Gregoria Mariska Tunjung tampil solid untuk membuka keunggulan berkat kemenangan straight game 21-15, 21-13 atas wakil Korea Selatan Sim Yu-Jin.

Jejak kesuksesannya sempat terputus di partai kedua kala Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti ditantang pasangan kuat negeri ginseng, Baek Ha-na/Jeong Na-eun. Penggawa Merah Putih dipaksa tunduk 6-21 dan 18-21, yang membuat skor sementara Indonesia vs Korea Selatan berimbang 1-1.

Ester lantas mengembalikan kepemimpinan Indonesia lewat pertarungan panjangnya melawan Kim Ga-ram. Adik Chico Aura Dwi Wardoyo unggul rubber game 20-22, 21-16, dan 21-12.

Dengan kekalahan Lanny/Ribka, persaingan Indonesia dan Korea Selatan kini makin memanas. Duel terpaksa dilanjutkan ke partai penentu, di mana Merah Putih akan menurunkan Komang Ayu Cahya Dewa sebagai senjata pemungkas.

3 dari 3 halaman

Hasil Semifinal Piala Uber 2024 Indonesia vs Korea Selatan

Tunggal 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Sim Yu Jin; 21-15, 21-13

Ganda 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Baek Ha Na/Lee So Hee; 6-21, 18-21

Tunggal 2: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Kim Ga Ram; 20-22, 21-16, 21-12

Ganda 2: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Jeong Na Eun/Kong Hee Yong; 15-21, 14-21

Tunggal 3: Komang Ayu Cahya Dewi vs Kim Min Sun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.