Sukses

Afridza Munandar Meninggal, Lokasi Kecelakaan di Sepang Dekat dengan Insiden Simoncelli

Liputan6.com, Sepang - Dunia balap Indonesia sedang berduka. Pembalap Indonesia, Afridza Munandar tewas di Sirkuit Sepang, Malaysia pada ajang Asia Talent Cup (ATC) 2019.

Afridza Munandar mengembuskan napas terakhir di rumah sakit Kuala Lumpur. Dia mengalami crash di tikungan kesepuluh pada lap pertama.

Pria berusia 20 tahun tersebut sempat mendapat perawatan medis dan diterbangkan menggunakan helikopter. Sayangnya, nyawa Afridza Munandar tidak terselamatkan.

Lokasi insiden yang dialami, Afridza Munandar berdekatan dengan lokasinya tewasnya pembalap MotoGP, Marco Simoncelli. Pembalap asal Italia juga tewas di Sirkuit Simoncelli.

Simoncelli tewas di tikungan ke-11 pada MotoGP Malaysia yang berlangsung pada 23 Oktober 2011. Ketika itu, dia kehilangan kendali saat menyalip Alvaro Bautista.

Di saat bersamaan, Colin Edwards tiba-tiba menabrak tubuh Simoncelli, serta Valentino Rossi yang hilang kendali dan menabrak bagian kepalanya.

2 dari 4 halaman

Dimakamkan di Tasikmalaya

Alridza Munandar akan dimakamkan di kampung halamannya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jenazah akan diterbangkan dari Malaysia pada Senin (4/11/2019) siang.

Hasil autopsi menyebutkan Afridza Munandar meninggal karena benturan keras pada bagian kepala di sisi sebelah kiri. Pihak rumah sakit juga disebutkan masih menunggu hasil uji urine dan darah yang telah dikirim ke Kantor Kimia.

Proses pemulangan jenazah telah diserahkan kepada perusahaan Kasket Paradibes yang telah ditunjuk oleh pihak asuransi.

Selain hasil autopsi, surat pelepasan jenazah dari kepolisian yang menangani insiden ini juga diperlukan sebelum jenazah dapat dipulangkan ke Tanah Air.

 

3 dari 4 halaman

Ucapan Bela Sungkawa

Tewasnya Afridza Munandar mendapat perhatian dari semua pembalap MotoGP. Pemenang MotoGP Malaysia turut bersedih atas kepergian pembalap Indonesia itu.

"Saya ingin mendedikasikan torehan ini untuk pembalap yang meninggal kemarin, dia (Afridza) adalah pembalap favorit saya di Idemitsu Asia Talent Cup. Saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya," ujar Vinales, seperti yang dikutip dari MotoGP.

Saksikan video pilihan di bawah ini

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading