Sukses

Sembuhkan Batu Ginjal, Ini 5 Obat Alami Tanpa Biaya Mahal

Jakarta - Batu ginjal adalah peyakit yang dikarenakan endapan keras yang terbentuk dari zat di air seni. Prosesnya endapan itu disebut nephrolithiasis.

Penyakit batu ginjal lebih sering dikenal dengan kencing batu biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci, sehingga mengakibatkan nyeri saat buang air kecil.

Batu ginjal biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. Panyakit ini bisa disebabkan terlalu sering menahan buang air kecil dan kekurangan air putih.

Penyakit tersebut juga bisa menimbulkan masalah seperti infeksi dan penyumbatan aliran kencing. Gejala batu ginjal yang umum terjadi adalah sakit luar biasa saat buang air kecil dan bisa juga mengalami nyeri pada bagian bawah perut dan di bagian belakang tubuh, khususnya pinggul.

Ciri-ciri batu ginjal juga bisa dilihat apabila Anda mengalami sakit pada paha, selangkangan, darah dalam urine, mual dan muntah-muntah. Jika mengalami gejala yang lebih serius, Anda perlu memeriksakan ke dokter guna mendapatkan penanganan dengan baik.

Namun apabila belum terlalu parah, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran untuk membantu mengatasi batu ginjal. Berikut adalah obat batu ginjal alami tanpa mengeluarkan biaya mahal.

 

2 dari 6 halaman

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Batu ginjal merupakan kristal mineral yang mengendap, sehingga akan menyakitkan ketika hendak buang air kecil.

Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa mencegahnya dengan perasan air jeruk nipis atau lemon. Kedua buah-buahan ini memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Segelas jus jeruk nipis atau lemon mampu mencegah pembentukan batu ginjal, berkat senyawa asam sitrat yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine. Sehingga akan membantu memudahkan buang air kecil.

 

3 dari 6 halaman

2. Buah Tin

Buah tin sudah banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tak hanya buahnya, bahkan batang atau daunnya juga memiliki khasiat penting. Buah yang satu ini menjadi sumber vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C, vitamin k, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi baik bagi tubuh.

Buah tin maupun daunnya dipercaya mampu mengobati batu ginjal. Buah ini mengandung senyawa saponin dan alkaloid yang bermanfaat sebagai diuretic dan bisa mengatasi masalah ginjal.

Selain itu, kandungan saponin dan alkaloid dalam daun tin dapat menghancurkan batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Kemudian batu ginjal yang telah hancur itu bisa terbawa saat buang air kecil.

 

4 dari 6 halaman

3. Sayur Asparagus

Sayur jenis asparagus dipercaya mampu mencegah penyakit batu ginjal karena mengandung diuretik alami. Diuretik dapat membantu mengeluarkan cairan garam berlebih dalam ginjal, sehingga akan lebih baik dikonsumsi penderita edema dan orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Diuretik dalam sayuran ini juga dapat membantu mengeluarkan toksin di ginjal dan mencegah mengatasi pengendapan toksin yang dapat berakibat penyakit ginjal.

 

5 dari 6 halaman

4. Jus Daun Seledri

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang dipercaya mampu mengatasi batu ginjal. Anda bisa mengolahnya menjadi jus seledri. Meski banyak orang yang menilai daun seledri memiliki bau atau aroma khas, tetapi seledri bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk ginjal.

Jus seledri dapat membersihkan racun, termasuk membersihkan tumpukan mineral yang mengeras dalam ginjal. Ramuan ini memiliki kandungan antioksidan dan senyawa yang dikenal dapat meningkatkan produksi urin, sehingga akan mengurangi risiko batu ginjal.

 

6 dari 6 halaman

5. Air Putih

Salah satu penyebab terbesar batu ginjal adalah kurangnya minum air putih. Pada dasarnya, air putih merupakan sumber kehidupan guna menjaga kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Setiap orang harus meinum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun menurut para ahli kesehatan, sebaiknya manusia meminum air minimal 12 gelas per hari. Air putih dapat membantu memperlambat tumpukan mineral dalam ginjal.

Apabila urine berwana kekuningan, itu pertanda Anda kurang minum air putih. Jadi sebaiknya Anda minum air putih minimal 8-12 gelas per hari.

 

Disadur dari Bola.com (Novie Rachmawatie/Yus Mei S, Published 02-11-2019)