Sukses

Buka Kongres PSSI, Menpora: Semoga Bisa Menjadi Pemersatu

Menpora menginginkan digelarnya Kongres PSSI bisa menjadi alat pemersatu bangsa, mengingat sepak bola sebagai olahraga favorit di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membuka Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Pada KLB ini perwakilan FIFA dan AFC juga turut hadir. Kehadiran delegasi FIFA dan AFC untuk memantau dan mengawasi langsung jalannya KLB dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif PSSI.

"Sepak bola kita menyatukan bukan menceritakan kita. Itu kebanggaan kita membuat Merah Putih bekribar di dunia. Pemerintah tak mau ikut campur dalam cabor-cabor, termasuk PSSI. Tapi kami memonitor dan mengawasi area pemerintah," kata Zainudin Amali melanjutkan.

Menpora menaruh banyak harapan dari Ketua Umum PSSI terpilih. Sebab, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menaruh banyak harapan di sepak bola Indonesia.

"Saat saya fit and proper dengan Presiden, dia setengahnya bicara tentang sepak bola. Saat saya diperkenalkan (sebagai Menpora) Presiden, dia meminta sepak bola. Begitu besar harapan besar presiden terhadap sepak bola Indonesia. Kita sudah punya Inpres (Imstruksi Presiden), ke depan kita buat road map soal sepak bola," ucap pria asal Gorontalo tersebut.

"Semua caketum yang datang dan siapapun yang datang pasti akan kami terima. Kami tidak menjagokan siapa, semua sama. Harapan kita kedepan sepak bola menjadi pemersatu," ujar Zainudin Amali.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

86 Voter

Kongres ini akan diikuti 86 voter dari berbagai anggota PSSI. 86 voter PSSI terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 1 Asosiasi Futsal (FFI) dan 1 Asosiasi Sepak Bola Wanita.

Dua delegasi FIFA yang akan hadir, yakni Head of Member Association Governance Service, Luca Nicola dan Development Manager Southeast and East Asia, Lavin Vignesh.

Sementara dari AFC ada tiga delegasi yakni Head of South Asia Unit AFC Member Association and Regional Associations Departemen, Purushottam Kattel, Manager of Asean Unit AFC Member Association and Regional Associations Departement, Nhodkeo Phawadee dan Secretary of AFC Member Association and Regional Associations Departement, Varankumar Sagaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.