Sukses

Ini 4 Manfaat Rajin Mengonsumsi Taoge, Salah Satunya Cegah Stroke

Jakarta - Taoge atau toge adalah salah satu jenis sayuran yang biasa dikonsumsi di berbagai belahan dunia, terutama di Benua Asia. Taoge atau kecambah ini tumbuh dari biji kacang hijau.

Ada beberapa orang yang tidak menyukai taoge karena aromanya. Namun sebenarnya kecambah ini memiliki banyak manfaat seperti kacang hijau.

Taoge juga mengandung vitamin B,C, B1, B5, K dan A. Tumbuhan ini juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, dan asam lemak omega 3. Kandungan tersebut tentu sangat diperlukan bagi tubuh manusia.

Sayuran ini memang berukuran kecil dan berbentuk unik. Tetapi taoge memiliki segudang manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Terlebih, kecambah mudah ditemui di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Taoge mengandung enzim yang dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Kandungan vitamin E pada kecambah pun bisa membantu meningkatkan kesuburan bagi kaum pria. Selain itu, vitamin E juga mampu menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas.

Di sisi lain, taoge dikenal sebagai sayuran yang mengandung oksigen tinggi, sehingga dapat meningkatkan aliran dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi. Lantas apa saja manfaat taoge atau toge bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasan selengkapnya. Berikut adalah lima manfaat penting taoge bagi kesehatan tubuh.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 5 halaman

1. Manfaat Taoge: Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke

Taoge dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Karena kandungan folat dan protein dalam kecambah dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jaat dari dalam tubuh. Sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan saponin dalam taoge juga mampu mengahancurkan kolesterol jahat yang kemudian dapat mencegah risiko terserang stroke.

Selain itu, kecambah mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan anti-inflamasi alami guna mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

3 dari 5 halaman

2. Manfaat Taoge: Mencegah Penyakit Kanker

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, termasuk penyakit kanker. Tidak hanya mencegah kanker, tetapi kecambah bisa mengobati penyakit kanker yang telah diderita seseorang.

Taoge memiliki kandungan senyawa antikanker, yaitu daidzein dan genistein. Kedua senyawa tersebut dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Apabila dikonsumsi rutin, sel-sel kanker akan mati secara perlahan dan penyakit kanker pun bisa diobati berkat sayur taoge.

 

4 dari 5 halaman

3. Manfaat Taoge: Merawat Kecantikan Kulit

Kulit yang cantik dan sehat merupakan idaman bagi banyak orang, terutama kaum wanita. Hal ini bisa didapatkan dari taoge atau kecambah.

Mengonsumsi taoge adalah salah satu cara merawat kulit untuk tetap kencang dan awet muda. Hal ini dikarenakan vitamin E terbukti dapat merawat kecantikan kulit Anda.

 

5 dari 5 halaman

4. Manfaat Taoge: Melancarkan Pencernaan

Taoge atau kecambah ini mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Oleh karena itu, taoge dapat membantu meningkatkan metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya pada sistem pencernaan.

Enzim adalah bagian penting dari proses pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat dalam taoge akan mengangkat kotoran, sehingga lebih melancarkan pencernaan.

Loading