Sukses

6 Pemain Garuda Select Indonesia Ditaksir Klub Eropa

Tim Garuda Select Indonesia yang dilatih Dennis Wise kembali menyertakan pemain angkatan pertama untuk program di Italia dan Inggris tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Chelsea, Dennis Wise kembali akan menangani tim Garuda Select angkatan kedua sebagai Direktur Program. Dari 24 pemain, enam pemain merupakan lulusan angkatan pertama.

Enam pemain angkatan pertama Garuda Select yang masih ikut: Bagas Kahfi, Fajar Fathurahman, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, David Maulana, dan Bagus Kaffa. Dennis pun punya alasan menyertakan mereka untuk angkatan kedua.

"Mereka ikut karena mereka pemain yang berbeda dan kami masih ingin mengembangkan mereka. Beberapa klub eropa juga menaruh minat kepada mereka," ujar Wise di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Saat ditanyakan klub mana yang dimaksud, Wise enggan memberi jawaban. "Tidak.. tidak," ujarnya berulang kali.

Program Garuda Select tahun ini merupakan kelanjuran dari program tahun sebelumnya. Enam pemain dari angkatan pertama pun masih ikut serta untuk membimbing para peserta dari angkatan kedua.

Program Garuda Select juga merupakan kerja sama jangka panjang antara PSSI, Mola TV dan SuperSoccer TV. Namun selain Inggris, angkatan kedua juga akan menimba ilmu di Italia.

Untuk angkatan kedua, Wise masih akan dibantu oleh Des Walker. Eks bek timnas Inggris dan Nottingham Forest itu akan bertindak sebagai pelatih.

Rencananya program Garuda Select akan berlangsung 10 tahun. Itu artinya, program itu masih akan berlangsung hingga delapan tahun ke depan.

PSSI selaku inisiator memang menargetkan para alumni program itu menjadi tulang punggung timnas Indonesia untuk Olimpiade 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disaring dari Puluhan Ribu Pemain

Sementara itu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha menuturkan ke-24 pemain yang akan berangkat ke Eropa terpilih melalui proses seleksi puluhan ribu pemain.

"Mereka terpilih dari 23.90p pemain yang kita seleksi dari level grassroot," ujar Tisha.

Tisha menambahkan, PSSI serius mengejar target Olimpiade 2024. Maka dari itu, program Garuda Select pun tidak diadakan hanya satu kali.

Ia pun merasa program Garuda Select sudah membawa dampak positif kepada para pemain.

"Setelah saya lihat bukan hanya perkembangan skill, tapi karakter individu," ujarnya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain

Kiper

Yogi Hermawan (Barito Putera)

Erlangga Setyo (Persib Bandung)

 

Belakang

Muhammad Afin Bahrani (Arema)

Edgard Amping (PSM Makassar)

Bagas Kahfi

Fajar Fathurahman

Muhammad Ilham (Borneo FC)

Renaldi (PSM)

Kakang Rudianto (Persib)

Dodi Irawan (Perseru)

 

Tengah

Arjuna Agung (Persipura)

Dika Kuswardani (PSIS)

Brylian Aldama

Andre Oktaviansyah

David Maulana

Muhammad Rafi (PSM)

M. Ridyan (Arema)

Subhan Fajri (Barito Putera)

Ferdiansyah (Persib)

Bramdani (Persebaya)

 

Depan

Arsa Ahmad (Bhayangkara)

Alfriyanto Nico (Persija)

Bagus Kaffa

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.