Sukses

Ini 5 Manfaat Luar Biasa Olahraga Renang

Jakarta - Salah satu olahrga yang sering dijadikan ajang rekreasi adalah renang. Olahraga air ini memang tak hanya menyegarkan tubuh. Renang juga bisa menyumbang manfaat besar untuk kesehatan.

Saking populernya, olahraga renang telah dilombakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Renang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan di semua umur, bahkan ibu hamil dan anak bayi maupun balita juga dianjurkan untuk melakukannya.

Jika Anda termasuk orang yang malas berolahraga karena tidak ingin berkeringat, berenang akan jadi pilihan yang tepat karena air akan terus mendinginkan suhu tubuh dan menyegarkan. Meski tak mengeluarkan keringat, renang tetap memberikan manfaat otomatis bagi tubuh.

Faktanya, berenang tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar. Namun, apabila melakukan olahraga ini secara teratur, Anda dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Berenang juga dapat membuat tubuh jauh lebih rileks. Sehingga, perasaan cemas dan stres bisa berkurang.

Berenang baik untuk membakar kalori, menurunkan berat badan serta menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol. Terlebih, menurut penelitian Berkeley Wellness dari University of California, berenang bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Nah, penasaran apa saja manfaat olahraga renang? Berikut ulasannya.

 

 

2 dari 7 halaman

Macam-macam Gaya Renang

Sebelum menyiasati manfaat renang, Anda perlu mengetahui gaya yang ada dalam olahraga ini. Hal itu demi mengantisipasi terjadinya cedera otot.

Olahraga ini bisa dilakukan di kolam renang indoor maupun outdoor. Gaya yang sering dipakai dalam olahraga renang adalah gaya dada, gaya bebas, gaya katak, gaya kupu-kupu, hingga gaya punggung.

 

 

3 dari 7 halaman

1. Manfaat Renang: Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak sedikit orang mengalami kesulitan dan gangguan tidur, atau dikenal dengan istilah insomnia. Banyak orang mencari tentang cara pencegahan atau pengobatan insomnia di mesin pencarian Google dalam enam bulan terakhir. 

Gangguan insomnia menyebabkan kondisi penderita tidak prima dan mengantuk saat melakukan aktivitas keesokan harinya.

Jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur, sepertinya Anda harus menjajal renang. Berenang memberikan efek yang cukup besar untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

4 dari 7 halaman

2. Manfaat Renang bagi Wanita

Manfaat renang bagi wanita yang dapat diperoleh satu di antaranya adalah menurunkan berat badan. Kaum hawa biasanya kurang percaya diri apabila berat badannya bertambah.

Renang juga akan bermanfaat untuk melembabkan kulit. Namun, disarankan untuk berenang di perairan yang lebih jernih dan alami, alias bebas kaporit.

 

5 dari 7 halaman

3. Manfaat Renang bagi Ibu Hamil

Bagi bunda yang tengah mengandung disarankan untuk melakukan olahraga renang. Hal itu guna melemaskan kembali ketegangan tulang belakang dan bahu lantaran perut yang semakin membesar.

Ibu hamil terkadang waswas untuk melakukan olahraga renang. Namun, hal ini akan sedikit membantu Anda untuk melalui proses persalinan secara normal. Akan tetapi Anda dianjurkan berenang dengan porsi ringan.

Bagi ibu hamil, daya apung selama berada di dalam air akan meringankan persendian dari beban berat.

 

6 dari 7 halaman

4. Manfaat Renang: Membantu Sistem Pernapasan

Renang akan membantu sistem pernapasan. Ketika berenang, tubuh otomatis beradaptasi menggunakan oksigen lebih efisien.

Tubuh akan mengambil lebih banyak udara segar dengan setiap tarikan napas dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Pada akhirnya, manfaat berenang akan menjaga paru-paru tetap sehat, mengantisipasi irama detak jantung lambat, dan menurunkan tekanan darah.

Berenang juga akan memberikan efek baik untuk pasien asma.

Asma adalah penyakit jangka panjang yang terjadi pada saluran pernapasan. Biasanya pasien akan mengalami sesak napas.

Ketika asma, akan terjadi penyempitan dan peradangan pada saluran pernapasan, sehingga pasien perlu mendapatkan penanganan yang tepat.

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada 2018, pasien asma di Indonesia mencapai 4,5 persen berdasarkan diagnosis dokter.

Tak heran, banyak orang yang mencari cara alami untuk membantu mengurangi penyakit saluran pernapasan itu. Satu di antara sekian jenis terapi, berenang menjadi salah satu yang diyakini paling efektif.

 

7 dari 7 halaman

5. Manfaat Renang untuk Kesehatan Jantung

Renang merupakan olahraga air populer dan menyenangkan untuk berbagai kalangan usia. Sama halnya dengan jenis olahraga lain, berenang memberikan manfaat untuk kesehatan, khususnya meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah.

Aktivitas berenang pernah dianggap sebelah mata oleh para penderita penyakit jantung karena dikhawatirkan akan kambuh ketika melakukannya. Namun berbagai penelitian terbaru menunjukkan olahraga renang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah.

Latihan renang yang dilakukan secara rutin selama 12 pekan akan membuat konsumsi oksigen naik hingga 10 persen. Kemudian peningkatan jumlah darah yang dipompa jantung tiap kali berdenyut mencapai 18 persen.

Di sisi lain, apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, berenang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Namun, jika Anda mengidap penyakit jantung, hipertensi, atau penyakit berat lainnya, disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berenang.

Sumber: Bola.com

Disadur dari: Bola.com (Novie Rachmayanti/Yus Mei, Published 02-10-2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cerita ketika Liverpool Kalah di Laga Pertama Ajang Eropa dan Responsnya di Anfield
Artikel Selanjutnya
Arema FC Bakal Kental Nuansa Persija di Liga 1 2020, Ini Buktinya