Sukses

Borussia Dortmund vs Barcelona: Kutukan Liga Champions Hantui Suarez

Liputan6.com, Barcelona- Luis Suarez langsung tancap gas usai dinyatakan pulih dari cedera betis yang menimpanya. Comeback pemain asal Uruguay itu ditandai dengan mencetak 2 gol saat Barcelona menggebuk Valencia 5-2 di Camp Nou dalam laga lanjutan La Liga, akhir pekan lalu. 

Hasil ini menjadi sinyal positif bagi Suarez dan Barcelona saat melangkah ke markas Borussia Dortmund, Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019). Ketajaman Suarez kembali bakal diuji pada matchday pertama babak penyisihan Grup F Liga Champions 2019/2020 itu.

Seperti diketahui, Barcelona terakhir kali merebut gelar Liga Champions pada 2015 lalu. Dan entah kenapa, tahun itu juga jadi kali terakhir Suarez mencetak gol di luar Camp Nou pada level Eropa. Setelah itu, Suarez seakan terkena kutukan saat tampil di luar kandang sendiri. 

Tidak percaya? Coba lihat perjalanan Barcelona di Liga Champions musim berikutnya. Suarez hanya mampu mencetak sebiji gol saat Blaugrana tampil di luar Camp Nou. Gol semata wayang itu dilesakkan Suarez saat bertandang ke markas AS Roma, Stadio Olimpico pada babak penyisihan grup di mana Barcelona memaksa tuan rumah bermain imbang 1-1. 

Barca sendiri akhirnya terhenti di babak perempat final setelah kalah dari Atletico Madrid. 

Kutukan yang dialami Suarez semakin menjadi-jadi di musim berikutnya. Tidak hanya di luar Camp Nou, ketajaman eks pemain Ajax Amsterdam itu kianmenurun di musim berikutnya. Dalam tiga Liga Champions terakhir terakhir, Suarez hanya mampu mengemas lima gol. 

Ini berbanding terbalik saat Suarez pertama datang ke Barcelona, 2014 lalu. Dalam dua musim pertamanya bersama Blaugrana dia mencetak 7 dan 8 gol di ajang Liga Champions.  

 

 

 

2 dari 3 halaman

Semangat Baru

Meski demikian, musim baru sepertinya memberikan semangat baru bagi Suarez. Meski sempat berkutat dengan cedera, Suarez mulai menunjukkan kembali ketajamannya. Dua gol yang dicetak ke gawang Valencia bakal memberi motivasi tambahan pemain 32 tahun itu. 

Suarez kini sudah siap melengkapi daftar starting line up Barcelona. Kesempatannya terbuka lebar mengingat Lionel Messi belum sepenuhnya pulih meski ikut diboyong ke Jerman. 

 

 

3 dari 3 halaman

Jejak Barcelona

Sementara itu, Barcelona sudah lama tidak bertandang ke Signal Iduna Park. Terakhir kali Barcelona melawat ke markas Borussia Dortmundi itu pada tahun 1998 saat keduanya bertarung pada leg kedua babak final UEFA Super Cup yang berakhir imbang 1-1. 

Barcelona akhirnya berhasil keluar sebagai juara setelah di leg sebelumnya menang 2-0. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kabar Teranyar 6 Lulusan Akademi Barcelona yang Diperkenalkan Pep Guardiola
Artikel Selanjutnya
Apes, Gerard Pique Kena Prank Luis Suarez