Sukses

Pernah Bersaing, Kompany Sebut Bek Liverpool Terbaik di Sejarah Liga Inggris

Liputan6.com, Manchester- Mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany tak ragu untuk menyebut bek Liverpool, Virgil van Dijk sebagai pemain bertahan terbaik di sejarah Liga Inggris. Bahkan Van Dijk disebutnya lebih baik dari legenda Inggris semacam John Terry dan Rio Ferdinand.

Kompany pernah merasakan persaingan ketat dengan Van Dijk saat Liverpool bersaing juara dengan City beberapa musim terakhir. Paling sengit musim lalu saat City jadi juara dengan keunggulan satu poin saja.

Van Dijk, bek asal Belanda ini menjadi pembelian jitu bagi Liverpool pada Januari 2018. Meski jadi pembelian termahal saat itu, tapi harganya sesuai dengan penampilan.

Mantan bek Southampton itu pun turut membantu Liverpool menembus final Liga Champions sebanyak dua kali. Puncaknya musim lalu saat Liverpool jadi juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di laga final.

Memang, banyak bek legendaris di Liga Inggris. Tapi Kompany tetap menunjuk peran signifikan Van Dijk di Liverpool menjadi pembeda.

 

 

2 dari 3 halaman

Sangat Cepat

Kompany mengatakan, Van Dijk mampu mengubah Liverpool dalam waktu yang singkat. The Reds kini menjelma menjadi klub kuat baik saat bertahan maupun menyerang.

"Van Dijk belum lama beredar, tapi tanda-tanda yang diperlihatkannya beberapa tahun terakhir menunjukkan pengaruh yang besar. Kalau saja lebih lama di Liverpool, dia tentu akan ada di puncak dalam waktu lama," kata Kompany seperti dikutip Goal.com.

Van Dijk sudah tampil sebanyak 78 kali untuk Liverpool. Dia mencetak 8 gol selama itu.

Musim lalu saat dia gabung untuk semusim penuh, Liverpool hanya kebobolan 22 gol. Ini torehan terbaik di Liga Inggris.

3 dari 3 halaman

Pemain Terbaik

Karena prestasi itu, Van Dijk pun dinobatkan sebagai pemain UEFA terbaik baru-baru lalu. Dia mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keberhasilan ini membuat tanda-tanda Van Dijk bakal merebut Ballon d'Or tahun ini terlihat. Dia juga akan kembali bersaing dengan Ronaldo dan Messi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Napoli Bungkam Liverpool, Van Dijk Menolak Panik
Artikel Selanjutnya
Kalah dari Valencia, Striker Chelsea Cari Pelampiasan di Liga Inggris