Sukses

Kemenpora Pastikan PON 2020 Tetap Digelar di Papua 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 tetap berlangsung di Papua.

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 bakal tetap digelar di Papua. PON 2020 akan tetap digelar sesuai rencana meskipun Popnas dan Peparnas tahun ini dipastikan batal digelar di provinsi tersebut.

"PON 2020 tidak masalah, karena kami juga tidak ingin memberikan beban yang berlebihan kepada Papua," tutur Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa, Sabtu (24/8/2019) seperti dilansir Antara.

Kemenpora berharap dengan pembatalan Popnas dan Peparnas Pemprov Papua bisa lebih fokus mempersiapkan pelaksanaan PON tahun depan.

Menurut dia, Kemenpora tidak akan memaksa Pemprov Papua jika tidak bisa mengadakan Popnas dan Peparpenas tahun ini karena masalah keamanan dan kesiapan infrastruktur.

"Biarkan Papua lebih berkonsentrasi di PON 2020, karena untuk Popnas dan Peparpenas waktunya juga sudah terlalu pendek," imbuh Gatot. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah Pengganti

Terkait pengunduran diri Provinsi Papua sebagai tuan rumah Popnas XV dan Peparnas IX tahun ini, Gatot menuturkan masih mencari solusi dan melakukan pendekatan dengan sejumlah daerah yang ingin menggantikan posisi Papua.

Dalam surat pemberitahuan pembatalan yang dikeluarkan Kemenpora pada 23 Agustus 2019, disebutkan pemindahan lokasi pelaksanaan Popnas dan Peparpenas karena alasan keamanan yang tidak stabil di Papua dan persoalan teknis perihal lelang venue yang hingga 50 hari jelang pelaksanaan belum juga tuntas.

Terkait lokasi pengganti ini, Kemenpora sudah memiliki sejumlah kandidat daerah pengganti namun masih enggan untuk menuturkan secara terperinci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.