Sukses

ASSC Apresiasi Penyelenggaraan ASEAN Schools Games 2019 di Semarang

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan ASEAN Schools Games 2019 di Semarang, Jawa Tengah, mendapat apresiasi dari Chairman of Technical Committee of ASEAN Schools Sports Council (ASSC), Ong Kim Soon. Dia terkesan dengan antusiasme penonton di Indonesia.

Semarang menjadi tuan rumah ASEAN Schools Games 2019 yang berlangung mulai 17 hingga 25 Juli nanti. Ong Kim Soon melihat sebagai tuan rumah, Indonesia bisa menyelesaikan persoalan yang ada baik sebelum maupun ketika berlangsungnya ajang ini.

"Semua dikerjakan dengan sangat baik, mulai dari sisi teknis penyelenggaraan sampai venue. Di samping memang ada tantangan, tapi Indonesia bisa membuat penyesuaian," jelas Ong Kim Soon kepada wartawan di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Senin (22/7/2019).

"Ini bagus sekali karena di banyak event olahraga internasional, hal ini tidak terjadi. Tapi, karena ini ASEAN Schools Games, kami sangat ingin menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk bertanding," paparnya.

Pria asal Malaysia ini berterima kasih kepada Indonesia karena telah menggelar ASEAN Schools Games dengan maksimal. Dia mengaku berkunjung ke sejumlah venue dan terkesan dengan cara Indonesia sebagai tuan rumah menunjukkan nilai-nilai kompetisi di multievent olahraga tahunan ini.

"Indonesia meletakkan beberapa banner untuk menunjukkan tentang apa kompetisi ini sebenarnya. Tidak hanya soal berkompetisi, bertanding, tapi ada juga banner yang menunjukkan mengenai nilai-nilai sportivitas," ucapnya. "Mengenai bagiamana menang dan kalah, jadi saya rasa ini merupakan hal yang bagus sekali. Menceritakan gagasan untuk apa diselenggarakan kompetisi olahraga bagi para pelajar," terang Ong Kim Soon.

 

2 dari 2 halaman

Standar Meningkat

Ini kedua kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Schools Games. Ong Kim Soon berpendapat, ada peningkatan standar dalam penyelenggaraan kali ini.

"Saya kira Indonesia fantastis. Ada peningkatan, tidak hanya dari segi profesionalitas, tapi juga dari sisi semangat dan bagaimana anak-anak berinteraksi satu sama lain, ini bagus sekali. Jadi standar penyelenggaraan semakin membaik. Kami sangat mengapresiasi itu," katanya.

"Antusiasme para pengunjung bagus sekali. Di setiap venue yang kami datangi, dukungan yang diberikan sangat bagus. Kompetisi ini menyediakan dimensi tambahan bagi anak-anak untuk bersama-sama memahami sejarah dan budaya dari masing-masing negara," tutur Ong Kim Soon.

"Dan saya rasa ini adalah kunci dari penyelenggaraan ASG dibandingkan dengan kompetisi olahraga bagi pelajar lainnya, yaitu kita mengajak anak-anak, para atlet pelajar, untuk bersama-sama memperkuat gagasan Solidaritas ASEAN," ujarnya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Raja Sapta Oktohari Tuai Dukungan Jadi Ketua KOI
Artikel Selanjutnya
ASEAN Schools Games 2019: Indonesia Panen Emas di Atletik