Sukses

Tidak Rata, Penyelenggara MotoGP Inggris Perbaiki Aspal di Sirkuit Silverstone

Liputan6.com, London- Penyelenggara MotoGP Inggris akan segera memperbaiki sirkuit Silverstone yang tidak rata (bump) jelang digelarnya balapan Agustus nanti. Permukaan tidak rata terdapat di tikungan Brookland yang sebelumnya sudah dikeluhkan pembalap F1, Daniel Ricciardo.

Ricciardo meyakini permukaan aspal di tikungan Brookland bisa merepotkan pembalap MotoGP yang akan tampil di sana. Sebelumnya, sirkuit Silverstone sudah melakukan pengaspalan ulang bulan lalu. 

Ini dilakukan untuk memperbaiki aspal yang rusak akibat drainase tidak jalan pada penyelenggaraan MotoGP 2018. Akibat drainase tak lancar balapan di Inggris musim lalu dibatalkan.

Pengaspalan ulang dilakukan oleh perusahaan asal Solihull dan diawasi oleh perusahaan desain trek asal Italia, Studio Dromo. Perusahaan ini juga yang melakukan desain ulang sirkuit Termas de Rio Hondo, trek untuk MotoGP Argentina.

Meski mendapatkan pujian dari pembalap F1, tapi mereka juga masih melihat ada aspal yang tidak rata utamanya di tikungan 6 arah kiri di area Brookland. Ini harus diperbaiki agar balapan MotoGP tetap lancar dan menghindari insiden.

 

2 dari 3 halaman

Segera Diperbaiki

Pemilik Studio Dromo, Jarno Zafelli mengungkapkan aspal sebenarnya bakal segera diperbaiki sebelum F1 digelar di Inggris. Tapi karena waktu terlalu sempit, ide itu akhirnya ditinggalkan.

Dromo sudah melaporkan soal ini kepada FIM saat melakukan inspeksi Senin lalu. Perbaikan aspal akan dilakukan mulai sekarang hingga jelang digelarnya MotoGP Inggris pada 23-25 Agustus nanti.

Zafelli mengatakan permukaan tidak rata disebabkan oleh pemilihan aspal jenis Wellington Straight. Ini tak pernah digunakan di silverstone sebelumnya.

"Sangat sulit untuk melakukan pengaspalan ulang di sini. Saat itu, tikungan Brooklands memang yang pertama pakai aspal Wellington Straigth pada hari pertama pengaspalan," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Aspal Bagus

Setelah dijajal oleh balapan F1, aspal di sirkuit Silverstone tak mengalami degradasi. Ini disebutnya sebagai hasil yang luar biasa.

"Jadi kami tahu drainase sudah bagus. Kami juga sudah memperbaiki kerataan aspal lebih dari 60 persen dibandingkan sebelumnya," katanya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Davide Brivio Sebut Mustahil Valentino Rossi ke Suzuki
Artikel Selanjutnya
Klasemen MotoGP 2019: Keunggulan Marc Marquez Bakal Terpangkas di Inggris?