Sukses

Galang Hendra Nyaris Podium di WSSP300 Italia

Liputan6.com, Jakarta Pembalap muda Indonesia, Galang Hendra nyaris meraih podium saat mengikuti kejuaraan balap motor dunia World Super Sport (WSSP 300) Italia di sirkuit Misano, Minggu (23/6/2019). Ini hasil terbaik yang diraih oleh Galang usai start dari posisi kelima.

Ya, Galang Hendra memang berada di jalur untuk meraih setidaknya podium

ketiga. Pada kualifikasi superpole WSSP300, Sabtu, dia meraih posisi kelima atau baris ke-2 dalam starting grid. Sebuah posisi yang sangat potensial untuk bertarung di barisan depan dan merebut podium juara. 

Pembalap dari tim Semakin Di Depan Biblion Yamaha Motoxracing tersebut berhasil masuk di posisi ke-3 dalam kualifikasi Group A dengan catatan waktu 1 menit 50,436 detik. Selanjutnya, hasil kombinasi atau penggabungan dengan Group B, Galang Hendra Pratama ada di urutan kelima.

"Sangat dekat dengan podium. Saya akan mencoba lagi di balapan berikutnya di sirkuit Donington," tulis Galang Hendra di akun media sosialnya.

Secara umum, Garuda Muda Galang Hendra Pratama menunjukkan keseriusannnya untuk terus berada di barisan depan. Ini terbukti dalam sesi latihan bebas 1 (FP1) dan latihan bebas 2 (FP2) serta latihan bebas 3 (FP3) pada Jumat (21 Juni).

Masing-masing berada di posisi ke-2 dalam FP1 Group A dengan catatan waktu 1 menit 50,260 detik. Kemudian di sesi latihan bebas ke-2 (FP2), Galang Hendra sukses di urutan terdepan dengan catatan waktu 1 menit 50,762 detik.

 

 

2 dari 3 halaman

Lewati Best Time 2018

Patut dipahami, bahwa torehan waktu Galang Hendra Pratama di FP1 tersebut sudah lebih tajam dari best-timenya di musim 2018 saat Superpole 2 yang mencatatkan waktu 1 menit 50,517 detik. Begitupun di FP3 yang berlangsung dalam kondisi wet race setelah diguyur hujan, Galang Hendra Pratama ada di urutan pertama dengan torehan waktu 2 menit 00.071 detik.

Berdasarkan hasil FP1 dan FP2 serta FP3, maka Galang Hendra Pratama konsisten menjadi pembalap Yamaha YZF-R3 terbaik. Pencapaian ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia mengingat galang nerupakan satu satunya lokal hero yang berjuang di kejuaraan balap dunia WorldSSP300.

"FP 3 kondisi trek basah, saya mendapatkan ritme yang bagus. Sayangnya saat kualifikasi tidak mendapatkan momen bagus. Dari segi mesin dan dari segi motor sudah ok, siap untuk bertarung. Pada saat Warm Up mencoba variasi gear yang berbeda," katanya.

3 dari 3 halaman

Naik Posisi

Meski gagal podium, Galang Hendra berhasil naik peringkat. Dia memperbaiki posisinya dari posisi ke-10 menjadi sembilan.

Saat ini, dia mengoleksi 36 poin. Poin ini terpaut jauh dari pemimpin klasemen WSSP300, Manuel Gonzalez dari kawasaki. Namun, dia masih bisa mengejar posisi lima besar yang kini dihuni Marc Garcia dengan 50 poin.

Loading
Artikel Selanjutnya
Galang Hendra dan Faerozi Ingin Beri Kejutan di Seri Terakhir WSSP 300 di Qatar