Sukses

Indonesia Satu Grup dengan Filipina di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

 

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tergabung dalam grup A dengan Filipina, Thailand dan Korea Selatan pada pengundian kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang berlangsung di Bengaluru, India. Hasil pengundian ini menjadi gambaran awal peta kekuatan 24 negara yang akan ikut FIBA Asia Cup 2021.

Ini untuk pertama kalinya FIBA Asia Cup menggunakan format baru yakni sistem kualifikasi. 

Menurut Erick Thohir yang merupakan anggota FIBA Central Board dan Kandidat IOC member, dengan bergabung di grup A, yang terdiri dari negara-negara yang punya prestasi regional dan Asia itu, akan mengasah dan meningkatkan kualitas permainan Indonesia.

Sistem pertandingan kejuaraan bola basket dunia berubah menjadi sistem home and away setelah disepakati oleh federasi bola basket negara-negara anggota FIBA. Dan untuk negara-negara Asia Oceania, FIBA ASIA CUP Qualifiers ini merupakan yang pertama kalinya menggunakan sistem ini.

Dengan adanya sistem home and away menjadi momen bagi supporter tim Indonesia untuk mendukung timnya di kandang. Ada 3 jadwal dimana Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah yaitu di tahun ini antara 25 November - 3 Desember 2019, di tahun depan antara 17 - 25 Februari 2020 dan antara 20 - 27 November 2020.

"Untuk lebih memperkuat dukungan pada tim merah-putih, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim basket Indonesia. Selain itu, hal ini bisa jadi pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang," ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin (10/6).

 

 

2 dari 3 halaman

Dua Tim Teratas Lolos

Dalam Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021 nanti, ada 24 negara yang berpartisipasi dan dibagi menjadi enam grup. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final. Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada akhir November hingga awal Desember 2019, dan Februari 2020. Menurut rencana, bulan Juli 2019, FIBA akan melakukan inspeksi untuk melihat venue pertandingan yang akan dipergunakan dan hotel untuk tim tamu dan wasit FIBA.

Venue pertandingan yang diajukan Indonesia adalah Britama Arena - Mahaka Square, Kelapa Gading Jakarta.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup

Grup A:

Filipina

Indonesia

Thailand

Korea Selatan

 

Grup B:

Chinese Taipei

Jepang

Malaysia

China

 

Grup C:

Australia

Hong Kong

New Zealand

Guam

 

Grup D:

Bahrain

Lebanon

India

Irak

 

Grup E:

Saudi Arabia

Suriah

Qatar

Iran

 

Grup F:

Jordania

Kazakhstan

Sri Lanka

Palestina

Loading
Artikel Selanjutnya
Jumpa FIBA, JK Tunjukkan Kesiapan Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia Basket 2023