Sukses

Prediksi Tottenham vs Liverpool: Berebut Status Juara Eropa

Dua klub Inggris, Tottenham Hotspur dan Liverpool bakal bertarung menentukan gelar King of Europe lewat ajang Liga Champions

Jakarta Tottenham Hotspur dan Liverpool bakal bentrok di Liga Champions 2018-2019, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB. Dalam duel yang dihelat di Wanda Metropolitano kota Madrid ini, siapakah yang akan menjadi Raja Benua Eropa?

Berkaca pada pengalaman, sejarah, hingga catatan pertemuan, Liverpool pantas dfavoritkan. Namun jika melihat tren 'kejutan underdog' yang terjadi di seantero Eropa musim ini, Tottenham tak bisa diremehkan.

Tak ada yang mustahil dalam sepakbola. Tottenham dan Liverpool sama-sama sudah membuktikannya dengan aksi comeback spektakuler mereka untuk menyingkirkan Ajax Amsterdam dan Barcelona di semifinal.

Tottenham dan sang manajer Mauricio Pochettino akan tampil di final Liga Champions perdana mereka.

Sementara itu, Liverpool yang merupakan runner-up musim lalu mengincar titel ke-6. Selain itu, manajer The Reds Jurgen Klopp akan tampil di final ketiganya, dan tentu tak ingin gagal lagi seperti dua final sebelumnya.

Dari kubu Tottenham, striker Harry Kane yang absen sejak 9 April lalu ikut berangkat ke Madrid. Namun, dia masih cukup diragukan bakal tampil. Sementara itu, dari pihak Liverpool, Klopp sepertinya takkan kesulitan meramu lini serangnya.

Yang jadi dilema adalah lini tengah, apakah dia akan memasang James Milner yang berpengalaman atau Georgino Wijnaldum yang jadi pahlawan di semifinal.

Musim ini, Liverpool dua kali mengalahkan Tottenham dengan skor identik 2-1 di Premier League. Roberto Firmino menyumbang masing-masing satu gol untuk Liverpool dalam dua pertemuan kontra Tottenham di London dan di Anfield.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rentetan Kejutan

Di level Eropa sebelum ini, Tottenham dan Liverpool baru pernah bertemu di semifinal Piala UEFA 1972-1973. Liverpool menyingkirkan Tottenham lewat gol tandang dalam agregat 2-2 (1-0 kandang, 1-2 tandang).

Secara keseluruhan, Liverpool unggul head to head dengan 79 kemenangan dan Tottenham 48, sedangkan 43 lainnya berkesudahan imbang. Beberapa faktor di atas membuat Liverpool difavoritkan jadi juara.

Namun Liverpool tak bisa beranggapan kalau mereka pasti akan menang. Musim ini, sudah banyak contohnya.

Tersingkirnya juara bertahan Real Madrid dan Juventus oleh Ajax adalah salah satunya. PSG, Manchester City, Bayern Munchen hingga Barcelona merupakan korban-korban lainnya.

Contoh lain, lihat Coppa Italia dan Copa del Rey, di mana Atalanta menyingkirkan Juventus di perempat final dan Valencia memukul Barcelona di final.

Di atas kertas, Liverpool adalah favorit utama. Namun peluang Tottenham untuk menjadi klub ke-23 yang menjuarai Piala Champions yang kini bernama Liga Champions, juga juara baru yang pertama sejak 2012, tetap terbuka.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain dan Statistik

Prakiraan Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Lloris; Trippier, Vertonghen, Alderweireld, Rose; Eriksen Wanyama, Sissoko; Alli; Lucas/Son, Kane

Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Van Dijk, Matip, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Salah, Firmino, Mane

Pelatih: Jurgen Klopp

 

Head-to-Head (Semua Kompetisi):

Pertandingan: 170

Tottenham menang: 48

Gol Tottenham: 195

Imbang: 43

Liverpool menang: 79

Gol Liverpool: 266

 

Rekor 5 Pertemuan Terakhir:

31-03-2019 Liverpool 2-1 Tottenham (EPL)

15-09-2018 Tottenham 1-2 Liverpool (EPL)

04-02-2018 Liverpool 2-2 Tottenham (EPL)

22-10-2017 Tottenham 4-1 Liverpool (EPL)

12-02-2017 Liverpool 2-0 Tottenham (EPL)

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.