Sukses

Final Liga Champions Bakal Hadirkan Juara Perdana

Laga Tottenham Hotspur vs Liverpool pada final Liga Champions berpeluang menghadirkan sejumlah rekor, salah satunya menyangkut negara asal juara.

Liputan6.com, Nyon - Duel Tottenham Hotspur vs Liverpool pada final Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB, berpeluang menghadirkan sejumlah rekor. Salah satunya menyangkut lima pemain.

Trio Tottenham Hotspur yakni Victor Wanyama (Kenya), Son Heung-nin (Korea Selatan), dan Davinson Sanchez (Kolombia) berpeluang menjadi pemain pertama asal negara masing-masing yang memenangkan kompetisi.

Wanyama sebelumnya tercatat sebagai pesepakbola Kenya pertama yang bakal melakoni final Liga Champions. Sementara Son dan Sanchez berpotensi menebus kegagalan kompatriot.

Son menyaksikan seniornya Park Ji-sung terpuruk bersama Manchester United (MU) pada 2009 dan 2011. Park sebenarnya menjadi bagian skuat ketika MU berjaya tahun 2008. Namun ketika itu dia tidak tampil di laga puncak.

Sedangkan Sanchez melihat Juan Cuadrado menyerah ketika Juventus dikalahkan Real Madrid pada final Liga Champions 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kubu Liverpool

Liverpool punya dua pemain yang bisa mencatat rekor bagi tanah kelahiran. Sadio Mane (Senegal) dan Mohamed Salah (Mesir) berharap kali ini bisa melakukannya setelah dikalahkan Real Madrid pada final tahun lalu.

Selain dua nama itu, Naby Keita (Guinea) sebenarnya juga berpotensi menorehkan sejarah bersama The Reds. Sayang, dia dipastikan absen akibat cedera.

3 dari 3 halaman

63 Negara dan 1.049 Pemain

UEFA mencatat 63 negara diwakili 1.049 pemain pada final Liga Champions. Italia merupakan negara dengan jumlah terbanyak yakni 147 nama.

 

5 Besar Negara Asal Pemain di Final Liga Champions

147: Italia

146: Spanyol

130: Jerman

78: Prancis

75: Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.