Sukses

Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tim Memprihatinkan

Messi sekali lagi menjalani musim yang luar biasa bersama Barcelona. Tapi, klub raksasa Spanyol itu hanya berhasil menjuarai La Liga saja.

Liputan6.com, Jakarta Ketergantungan Barcelona pada sang megabintang Lionel Messi memang cukup tinggi. Barcelona tanpa Messi hanyalah tim biasa yang berada di kelas medioker. Hal ini disampaikan analis ESPN FC, Shaka Hislop.

Messi sekali lagi menjalani musim yang luar biasa bersama Barcelona. Dia membungkus 51 gol pada 50 penampilan di semua kompetisi musim ini. Messi tetap sehebat biasanya.

Biar begitu, musim Messi berbanding terbalik dengan Barcelona. Raksasa Spanyol itu memang berhasil menjuarai La Liga, tetapi trofi itu terasa hambar karena mereka gagal di Liga Champions dan Copa del Rey.

Treble winners seakan-akan menjadi standar baru Barcelona. Tapi, musim ini mereka hanya meraih satu trofi La Liga.

Messi hebat, tetapi dia tidak akan bisa terus memikul tim seorang diri. Tanpa Messi, Barcelona seakan-akan menjelma jadi tim yang sama sekali berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesulitan Tanpa Messi

Dua kekalahan terburuk Barcelona musim ini menjelaskan semuanya. Mereka dihajar 0-4 dalam lawatan ke Anfield dan terusir dari Liga Champions. Lalu, beberapa pekan kemudian, Barca takluk 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey.

Pada dua pertandingan itu, peran Messi terlihat jelas. Barca sangat bergantung pada La Pulga, yang akibatnya selalu kesulitan ketika Messi dikunci lawan atau tidak bisa bermain.

"Saya kira Barcelona telah menggantung harga diri dan reputasi mereka soal apa yang terjadi di liga dan di Liga Champions. Jadi, final Copa del Rey ini mungkin menjadi laga pamungkas, pada tahap ini anda bisa memaksimalkannya atau gagal total," tutur Hislop.

"Namun, satu penjelasan penting pada performa ini adalah - jika anda melihat penuh 90 menit permainan mereka - Barcelona, tanpa Lionel Messi, hanyalah tim yang sangat rata-rata dan kualitas itu memprihatinkan."

3 dari 3 halaman

Bergantung pada Messi

Saking besarnya pengaruh Lionel Messi, setiap pelatih Barcelona secara tidak langsung menggantungkan masa depan mereka pada sang megabintang. Situasi tersebut dialami Valverde saat ini, Messi terus mendukungnya dan menyebut kekalahan Barca adalah kesalahan pemain

"Ketika Lionel Messi muncul dan berkata bahwa dia berpikir Valverde sebagai pelatih yang tepat, jelas untuk masa depan, jika anda duduk di ruang pimpinan Barcelona, anda harus mendengar pendapat Messi."

"Namun, di saat yang sama, melihat tekanan yang membayangi Valverde pekan terakhir ini, dan pemain bintang anda muncul untuk melindungi dia, saya mengharapkan lebih dari tim Barcelona ini," lanjut dia.

"Rasanya ketika anda melihat Barcelona, anda bergantung pada keajaiban Lionel Messi," tutupnya.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.