Sukses

PSSI Siap Bersaing Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Jakarta - Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. PSSI yang mengajukan proposal tersebut menyebut beberapa alasan membuat induk tertinggi sepak bola Indonesia itu yakin untuk maju dalam bursa pencalonan.

Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo menjelaskan federasi sepak bola Indonesia itu percaya diri bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 berkat keberhasilan mengadakan sejumlah kejuaraan di level AFF dan AFC pada tahun lalu, termasuk, ketika Indonesia dianggap sukses menggelar Asian Games 2018.

"Tahun lalu, kami sudah sukses menggelar Asian Games 2019. Lalu, kami juga sudah sukses mengadakan Piala AFC U-19. Juga kami sukses menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 di Sidoarjo," ujar Gatot ketika dihubungi Bola.com, Jumat (24/5/2019).

"Berangkat dari hal tersebut, kami mau mencoba naik ke level yang lebih tinggi. Nah, ada Piala Dunia U-20 tahun 2021. Kami melihat ada kemungkinannya. Kami melihat infrastruktur, ya kenapa tidak karena dari event besar kemarin, kami juga sudah bisa."

"Kami juga melihat bahwa infrastruktur di Indonesia juga sudah semakin bagus. Terutama stadion, yang didukung oleh infrastruktur lainnya, seperti hotel," kata Gatot.

Dalam rilis FIFA yang diterima Bola.com, Jumat (26/5/2019), PSSI akan bersaing dengan tujuh negara lainnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama.

2 dari 2 halaman

Myanmar dan Thailand Bersama

Hal yang sama juga dilakukan oleh Myanmar dan Thailand yang juga mengajukan proposal bersama. Sementara itu, Brasil dan Peru masing-masing mengajukan diri sebagai tuan rumah tunggal, sama seperti yang dilakukan oleh Indonesia.

"Jadi, syarat minimal untuk bisa menggelar Piala Dunia U-20 2021 itu inshaallah bisa kami penuhi," tutur Gatot.

Untuk mengikuti bidding host Piala Dunia U-20 2021, Indonesia termasuk tujuh negara lainnya harus mengonfirmasi ulang kepada FIFA pada 21 Juni 2019. FIFA juga memberlakukan batas waktu hingga 30 Agustus 2019 kepada setiap peserta untuk memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan menjadi tuan rumah.

Apabila seluruh prosedur telah terlewati, FIFA baru akan mengumumkan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada kuarter keempat 2019.

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Marc Klok, Pemain Belanda Calon Andalan Timnas Indonesia
Artikel Selanjutnya
PSSI Targetkan Timnas Indonesia Bermain di Olimpiade 2024