Sukses

Profil Tim Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung Bongkar Pasang Skuat Demi Target Juara

Dengan kehadiran Robert Alberts di kursi pelatih, Persib mulai optimistis dengan target di Shopee Liga 1 2019.

Jakarta Terkesan lambat dalam membentuk kekuatan untuk musim 2019, Persib Bandung secara perlahan mulai memiliki optimistime dalam mengarungi Shopee Liga 1 2019.

Persib Bandung sempat mendapat kritikan tajam dari sebagian bobotoh dalam merekrut satu pemain asing, Srdan Lopicic. Bahkan penunjukan manajemen terhadap Miljan Radovic sebagai arsitek, juga banyak diragukan bobotoh.

Kritikan itu akhirnya membuat manajemen harus melepas Lopicic. Sebagai gantinya, Persib mendatangkan pemain asing baru, Rene Mihelic, asal Slovenia, termasuk Artur Gevorkyan asal Turkmenistan (Asia).

Setelah Lopicic dilepas, tidak lama kemudian manajemen pun harus menerima keputusan Miljan Radovic, yang memilih mundur setelah pengajuan cuti selama 15 hari untuk menempuh lisensi Pro UEFA ditolak manajemen dengan alasan Persib sedang persiapan leg kedua babak perempat final Piala Indonesia dan Liga 1 2019.

Mundurnya Radovic tidak membuat Persib gelisah, pasalnya dalam waktu cepat, mereka mampu menggaet pelatih berpengalaman di kompetisi Indonesia, Robert Alberts.

Kehadiran Robert Alberts sangat diapresiasi semua kalangan bobotoh termasuk skuat Maung Bandung yang sudah ada. Eks pelatih PSM Makassar yang dikontrak selama dua musim, itu datang ke Persib dengan kondisi pemain sudah lengkap.

Kini, Persib berada di pundak sang arsitek berusia 64 tahun itu untuk mencapai yang terbaik di musim ini. "Saya lega karena kami sudah punya pelatih bagus, Robert Alberts. Mudah-mudahan dia bisa membawa juara musim ini," ujar Umuh Muchtar, Manajer Persib.

"Saya yakin di bawah asuhan dia, Persib Bandung lebih baik, tinggal menyatukan dan membangun kekompakkan pemain saja. Ini butuh waktu juga," tambah Umuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Robert Alberts (Pelatih)

Robert Alberts resmi diperkenalkan manajemen sebagai pelatih Persib Bandung pada Jumat (3/5/2019). Robert diumumkan selang beberapa jam setelah Miljan Radovic menyatakan mundur sebagai pelatih Persib lantaran akan menempuh lisensi Pro UEFA.

Eks pelatih PSM Makassar dan Arema Indonesia itu dikontrak Persib selama dua musim dengan opsi perpanjangan satu tahun atau 2+1.

Robert didampingi Budiman, Yaya Sunarya (pelatih fisik), dan Gatot Prasetyo (pelatih kiper) dalam meracik skuat Maung Bandung dengan kekuatan 31 pemain di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Kiprah Robert dalam meracik tim memang tidak diragukan lagi. Pelatih berusia 64 tahun asal Belanda itu pernah membawa Arema juara ISL 2009-2010 dan PSM menduduki posisi runner-up di Liga 1 2018.

Kini, ia mendapat tantangan baru untuk membawa Persib menjadi juara, dan tentunya  juga harus kuat dengan berbagai tekanan dari bobotoh.

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Ezechiel Ndoussel

Pemain yang mendapat julukan King Eze ini bergabung ke Persib pada pertengahan 2017. Pemain kelahiran N'Djamena, Chad, 22 April 1988, ini menjadi sosok yang berbahaya jika sudah di depan gawang lawan.

Dengan topangan dua pemain sayap, Ghozali Siregar dan Febri Hariyadi, terkadang Supardi Nasir, sosok Eze cukup berbahaya. Ia menjadi striker tajam bagi Persib. Hal itu membuat manajemen tak ragu memperpanjang kontraknya hingga dua tahun ke depan.

Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douasel, bersiap saat akan melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persib kalah 1-2 dari TIRA. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bojan Malisic

Sosok Bojan Malisic asal Serbia membuat kukuh di lini pertahanan Maung Bandung. Meski baru menginjakan kaki di kompetisi Indonesia, tepatnya pada 2018 bersama Persib, tetapi kualitasnya tidak diragukan dan mumpuni.

Di bawah asuhan Mario Gomez (2018), Persib mampu berada di empat besar Liga 1 2018. Hal itu tidak lepas dari peran Bojan Malisic, yang mampu menyelamatkan gempuran dari lawan selama musim 2018 walau hanya dengan tandem pemain muda, Indra Mustafa.

Pemain yang akrab disapa Mali asal Serbia ini, kembali mendapat kepercayaan di musim 2019 untuk tetap jadi benteng di lini belakang. Ia akan mendapat tandem yang cukup kuat seperti Fabiano Beltrame, Achmad Jupriyanto, dan Saepulloh Maulana.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Persib

Kiper: M. Natshir, I Made Wirawan, Aqil Savik

Belakang: Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Frets Butuan, Zalnando, Saepul Maulana, Fabiano Beltrame, Bojan Malisic, Henhen Herdiana, Indra Mustafa

Tengah: Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar, Gian Zola, Wildan Ramdani, Erwin Ramdani, Syafril Lestaluhu, Esteban Vizcarra, Artur Gevorkyan, Abdul Aziz, Hariono, Ardi Idrus, Febri Hariyadi, Kim Jeffrey, Beckham Putra

Depan: Rene Mihelic, Ezechiel N'Douassel, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

 

Tim Pelatih

Pelatih kepala: Robert Alberts

Asisten: Budiman

Pelatih kiper: Gatot Prasetyo

Pelatih fisik: Yaya Sunarya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.