Sukses

Liverpool Bungkam Chelsea 2-0, Mohamed Salah Cetak Gol Indah

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool membungkam Chelsea 2-0 di Stadion Anfield, Minggu (14/4/2019) untuk kembali ke puncak klasemen sementara Liga Inggris 2018-2019. Dua gol The Reds dicetak Sadio Mane pada menit ke-51 dan Mohamed Salah menit ke-53.

Kemenangan ini membuat Liverpool menyalip Manchester City lagi, yang sebelumnya sempat mengambil alih puncak klasemen. Liverpool kini mengoleksi 85 poin dari 34 pertandingan, sedangkan Chelsea masih di peringkat keempat dengan 66 poin dari 34 laga. 

Jalannya pertandingan

Tim asuhan Jurgen Klopp tampil menekan sejak menit-menit awal. Kans didapat tuan rumah pada menit keenam, tapi tendangan Mohamed Salah masih dapat diblok oleh kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Serangan terus dilancarkan Liverpool, Mohamed Salah bermain mengesankan dalam menerobos pertahanan tim tamu. Tapi, David Luiz kerap menghentikan pergerakannya saat memasuki area kotak penalti The Blues.

Pada menit ke-20 Chelsea memperoleh peluang lewat Eden Hazard. Sayang, tembakannya dari dalam kotak penalti masih dapat dibendung oleh kiper The Reds asal Brasil, Alisson Becker.

Liverpool kembali mendapatkan kesempatan, kali ini melalui tendangan keras sang kapten, Jordan Henderson. Tapi, bola sepakan Henderson mampu diblok David Luiz sehingga bola tak masuk ke gawang Chelsea pada menit ke-26.

Willian memberikan ancaman ke gawang tuan rumah pada menit ke-30, namun tendangannya masih melenceng. Saling serang terjadi, Chelsea banyak mengandalkan serangan balik untuk merepotkan Liverpool.

Tujuh menit kemudian, Sadio Mane melepaskan tembakan usai menerima operan dari Salah, namun bola masih melebar dari gawang Chelsea. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Liverpool masih memegang kendali permainan di babak kedua. Virgil van Dijk dan kawan-kawan begitu ngotot untuk bisa menundukkan Chelsea di Anfield malam ini.

Gol pertama The Reds pun lahir pada menit ke-51 melalui Sadio Mane. Mane sukses menyambar umpan lambung dari Henderson melalui tandukan kencang di tiang jauh, yang membuat Kepa tidak mampu menjangkau bola.

Keunggulan 1-0 membuat tuan rumah semakin termotivasi melancarkan serangan. Dua menit berselang dari gol pertama, gawang Chelsea malah kembali bergetar.

Tembakan keras Mohamed Salah dari luar kotak penalti menghujam masuk ke pojok kanan atas gawang The Blues. Liverpool memimpin 2-0 atas tim arahan Maurizio Sarri.

Penguasaan bola masih didominasi oleh klub Merseyside ini, sedangkan Chelsea kesulitan mengembangkan permainan. Roberto Firmino mendapatkan peluang, tapi tendangannya pada menit ke-57 masih menyamping di gawang Chelsea.

Eden Hazard mencoba mengajak rekan-rekan setimnya bangkit dari keertinggalan. Tembakannya pada menit ke-59 harus menerpa tiang gawang dan gagal memperkecil ketinggalan Chelsea.

Gawang The Blues masih aman setelah tendangan Mohamed Salah pada menit ke-65 masih bisa ditangkap Kepa. Tim tamu mulai berani keluar menyerang, meski bola masih lebih banyak dikuasai Liverpool.

The Reds punya peluang lagi pada menit ke-79 setelah Firmino menerima umpan Mohamed Salah. Striker asal Brasil itu memutar tubuh dan melepaskan tendangan, namun bola bisa diamankan Kepa.

Para pemain Liverpool mengendurkan permainan dan tidak lagi agresif menekan Chelsea. Sayangnya, situasi ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh The Blues, yang ternyata juga kesulitan dalam membangun serangan.

Malah The Reds yang punya kans menambah gol, beruntung bola sepakan Mane bisa diselamatkan Kepa pada menit ke-89. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, Liverpool tetap menang 2-0 atas Chelsea.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, van Dijk, Matip, Robertson; Henderson (Milner 77), Fabinho, Keita (Wijnaldum 66'); Mane, Salah (Shaqiri 90'), Firmino.

Manajer: Jurgen Klopp.

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Azpilicueta, Rudiger (Christensen 40'), Luiz, Emerson; Kante, Jorginho, Loftus-Cheek (Barkley 75); Hudson-Odoi (Higuain 56'), Hazard, Willian.

Manajer: Maurizio Sarri.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Susunan Pemain Liverpool Vs Chelsea, Hazard Jadi Penyerang
Artikel Selanjutnya
Hengkang dari Chelsea, Fabregas Salahkan Sarri dan Jorginho