Sukses

3 Aksi Kontroversial Terheboh McGregor Sebelum Pensiun dari MMA

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan mengejutkan disampaikan petarung UFC, Conor McGregor. Pria asal Republik Irlandia itu memutuskan mundur dari olahraga Mixed Martial Art (MMA) yang membesarkan namanya. Conor McGregor menyampaikan kabar ini lewat akun Twitter pribadinya. 

"Pengumuman cepat teman-teman, hari ini saya memutuskan pensiun dari olahraga yang selama ini dikenal sebagai Mixed Martial Art," tulis McGregor, Selasa 26/3/2019.

"Saya berharap semua kolega lama saya maju dalam kompetisi.Saya sekarang bergabung dengan mantan mitra saya dalam usaha ini, sudah pensiun juga," beber McGregor.

McGregor mengawali kariernya sebagai petarung MMA pada bulan Maret 2008. Reputasinya terus meningkat di Irlandia dan Inggris dan memenangkan gelar Cage Warriors kelas bulu dan ringan pada tahun 2012. Tahun berikutnya dia melaju ke pentas UFC (Ultimate Fighting Championship) dan memenangkan tujuh duel perdananya. Dia merebut gelar kelas bulu usai mengalahkan juara bertahan Jose Aldo, lewat kemenangan KO hanya dalam waktu 13 detik.

Kekalahan perdana McGregor di UFC dialami saat menyerah melawan Nate Diaz. Namun dia berhasil membalasnya lewat kemenangan angka pada Agustus 2016. Selanjutnya, kemenangan KO atas Eddie Alvarez di UFC 205 mengantarnya sebagai juara kelas ringan.

Sebelum pensiun, McGregor juga menyerah saat bertanding melawan Nurmagomedov, Oktober tahun lalu. Hingga saat ini, McGregor mencatat rekor 21-4 MMA dan 8-2 UFC.

Semasa berkarier di dunia MMA, McGregor dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Tidak hanya di arena laga tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Simak lima aksi kontroversial McGregor yang menghebohkan dunia pada halaman berikutnya.

2 dari 4 halaman

Menantang Mayweather Jr

Meski memiliki pukulan yang mematikan, McGregor sama sekali belum pernah menjajal tinju profesional. Namun hal ini tidak menghalanginya untuk menerima tawaran bertanding melawan salah seorang legenda hidup olahraga adu jotos asal AS, Floyd Mayweather Jr. 

Banyak yang menganggap pertarungan ini sebagai dagelan. Sebab McGregor sama sekali tidak punya pengalaman naik ring sama sekali. Sementara lawannya, Mayweather Jr merupakan mantan juara dunia yang belum terkalahkan hingga gantung sarung tinju. 

Mereka akhirnya bertarung di Las Vegas, Nevada, Agustus 2017 lalu. Dan sesuai prediksi, dalam duel ini, McGregor sulit memberi perlawanan dan kalah TKO pada ronde ke-10.  

 

3 dari 4 halaman

Berurusan dengan Polisi

Sebagai atlet profesional, McGregor sulit menjaga reputasinya di luar arena. Setidaknya dua kali McGregor harus berurusan dengan pihak kepolisian gara-gara terlibat keributan. 

Tahun lalu, dia sempat ditahan polisi gara-gara menyerang bus pemain UFC.Beberapa orang mengalami cedera saat McGregor melempar troli ke kaca bus di Barclays Centre, Brooklyn.

Petarung Michael Chiesa dan Ray Borg ikut terluka pada kejadian ini. Mereka akhirnya batal bertanding akibat terkena pecahan kaca pada keributan tersebut. McGregor kemudian mengaku bersalah atas perilaku buruk. Namun McGregor tidak perlu mendekam di penjara setelah mencapai kesepakatan dengan jaksa penuntut. Hakim lalu memutuskan hukuman kerja sosial kepada McGregor dan mengirimnya kepada program manajamen kemarahan.

Belum lama ini, McGregor kembali ditangkap polisi gara-gara merampas dan menghancurkan telepon genggam seorang pria di areal Hotel Fontainbleau, Miami. Tidak sampai di situ saja, McGregor juga membawa kabur telepon genggam yang sudah dihancurkannya tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Provokasi Berlebihan

McGregor juga dikenal bermulut tajam saat melancarkan provokasi terhadap lawan-lawannya. Namun puncaknya adalah ketika dia bertarung melawan Khabib Nurmagomedov. 

Provokasi yang dilakukan McGregor telah membuat petarung asal Rusia itu hilang kendali usai memaksanya menyerah di ronde keempat. Sesaat setelah wasit menghentikan pertandingan, Nurmagomedov segera melompati oktagon dan menyerang staf McGregor.

Aksi ini memicu keributan yang lebih besar. McGregor yang dianggap sebagai biang provokasi juga tidak lepas dari sasaran. Dia diserang dua orang dari kubu Nurmagomedov. 

Akibat kejadian ini, baik Nurmagomedov dan McGregor sama-sama dijatuhi sanksi oleh komisi olahraga Nevada. Hanya saja, hukuman McGregor lebih ringan dari Nurmagomedov. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Conor McGregor Akhirnya Bertarung Lagi, Ini Lawannya
Artikel Selanjutnya
Floyd Mayweather Bakal Bertarung di UFC?