Sukses

Start di Medan, Petualangan Offroad IOX 2019 Akan Finis di Bukittinggi

Liputan6.com, Medan - Indonesia Offroad eXpedition (IOX) mengangkat tema petualangan wisata dan kuliner dalam event ketujuh mereka yang bertajuk IOX 2019 Andalas. Sebelumnya, IOX 2017 berjalan sukses di Celebes, Sulawesi.

IOX 2019 Andalas kembali melakukan start dari Medan dengan tujuan Bukit Tinggi, yang dilepas oleh Jenderal (Pol) Purnawirawan Rusmanhadi, Mantan Kapolri sekaligus Ketua Dewan Pengawas dan Anggota Klub Indonesia Off-road eXpedition (IOX).

Sejumlah 81 kendaraan offroad 4x4 super ekstrim dan 73 motor dirt bike dilepas dengan acara yang sederhana namun meriah di lapangan Merdeka, Medan. Bendera start telah diayunkan sebagai tanda dimulainya IOX 2019 Andalas.

Dalam rilis yang diterima wartawan, beberapa peserta merupakan offroader dari Medan dan Sumatera Utara. Kemeriahan bertambah dengan tabuhan gendang tradisional yang mengiringi pelepasan peserta di tengah deruman suara mesin motor dan kendaraan off-road 4x4 yang sudah full modifikasi untuk medan super ekstrim.

Ketua Klub IOX, Sri Hascaryo atau Yoyok, menyebut keunikan event IOX yang memakai sistem “saweran” dari seluruh pesertanya ,yang membuat kegiatan IOX ini independen tidak tergantung sponsor dan bisa bertahan terus.

Selain swadaya, kegiatan IOX ini secara konsisten sejak tahun 2012. IOX sendiri selain mencari petualangan off-road juga mendorong seluruh peserta IOX untuk melakukan petualangan wisata kuliner dan wisata alam di lokasi yang dikunjungi. Wisata kuliner bahkan menjadi salah satu prioritas kegiatan IOX 2019.

2 dari 3 halaman

Kontribusi Besar

IOX meyakini bahwa kehadirannya akan berkontribusi besar bagi perekonomian lokal. Secara kasar diperkirakan setiap peserta kendaraan 4x4 membelanjakan sekurang kurangnya Rp 100 juta untuk event ini. Sehingga dengan sekitar 81 kendaraan akan dibelanjakan sekitar Rp 8 Miliar. Ini belum termasuk belanja yang dilakukan oleh 73 peserta motor dirt bike.

Setelah dilepas start di Medan, seluruh peserta langsung meluncur ke Brastagi yang akan menjadi base camp 1. Di lokasi yang merupakan daerah dingin tersebut seluruh peserta akan melakukan kegiatan off-road hingga hari Senin (11/2).

3 dari 3 halaman

Bakti Sosial

Pada hari ke-2, IOX Bersama Kodam I Bukit Barisan akan melakukan kegiatan Bakti Sosial di desa Sukamaju, Kecamatan Tiga Panah, Wilayah Kodim 2050/TK. Kegiatan sosial tersebut adalah pengobatan 250 warga oleh Rumah Sakit Pematang Siantar dipimpin MayorCKM Nasrullah dan Puskesmas Tiga Panah dipimpin Dr Novi Br Sianturi serta anggota dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
IOX 2019 Andalas: Persiapan Matang Offroad Tempuh 1.400 KM
Artikel Selanjutnya
Berkendara di Medan Offroad Wajib Perlahan-lahan, Ini Alasannya