Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

IOX 2019 Andalas: Persiapan Matang Offroad Tempuh 1.400 KM

Liputan6.com, Medan - Sebanyak 81 kendaraan 4x4 dan 74 motor telah tiba seluruhnya di Medan untuk bersiap start Indonesia Off-road eXpedition 2019 hari Sabtu ini (9/2), dari Medan menuju Bukit Tinggi menempuh 1.400 km dalam 16 hari.

Ketua Panitia event Indonesia Offroad eXpedition (IOX) 2019 Andalas, Medan – Bukit Tinggi, Zulkarnain Danie atau Joel, menaikkan standar untuk para peserta yang ingin ambil bagian dalam event ini. Seluruh kendaraan 4x4 dari Kalimantan, Sulawesi, Jawa tiba secara bertahap dengan kapal laut yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Untuk motor yang dikirimkan melalui jalur darat, Jumat pagi ini telah tiba dan parkir dengan rapi Hotel Danau Toba Internasional Medan. Pada Jumat (8/2/2019) ini juga telah dilaksanakan scruut (pemeriksaan) kendaraan dan kelengkapan logistiknya. Hal ini untuk memastikan kendaraan telah memenuhi syarat menjalani IOX 2019 Andalas yang super ekstrim.

"Panitia tidak mau ambil risiko peserta yang tidak layak diijinkan mengikuti event sekelas IOX karena bila peserta bermasalah karena tidak siap, selain menyusahkan si peserta sendiri juga peserta lainnya dan kelancaran event secara keseluruhan," kata Ariska yang menjadi penanggung jawab Scruutinering dalam rilis yang diterima wartawan.

Setelah semua kendaraan peserta di scrut, hasilnya mayoritas telah memenuhi syarat. Terdapat beberapa kendaraan yang gagal scrut karena belum memenuhi syarat, namun kekurangan ringan yang bisa diperbaiki.

Setiap tahun Indonesia Offroad eXpeditions menaikkan standar spesifikasi teknis yang harus dipenuhi peserta, di mana bila tidak memenuhi persyaratan tidak akan diluluskan. Tujuan menaikkan standar teknis ini untuk kepentingan peserta sendiri.

2 dari 3 halaman

Standar IOX

Dengan ketat dan tingginya syarat teknis yang diminta di IOX tidak heran bila standar IOX sering dijadikan acuan standar teknis event lainnya. Standar teknis IOX ini bahkan juga dijadikan acuan banyak bengkel offroad dalam melayani pelanggannya yang pecinta offroad.

Menurut Ariska, pemeriksaan kendaraan di IOX tidak sulit karena mayoritas peserta sudah pernah ikut event IOX sebelumnya. Sehingga mereka sudah tahu apa yang harus disiapkan. Ditambah lagi panitia telah memberikan panduan tertulis apa saja yang harus disiapkan dan akan diperiksa.

Pada Jumat sore ini, peserta mendapat coaching clinic serta briefing persiapan start dari Syamsir Alam, Team Leader IOX 2019 Andalas yang sudah kawakan melaksanakan event sejenis Camel Trophy di Indonesia. Peserta mendapat coaching tentang Teknik winching, membaca GPS, Program acara dan route selama IOX 2019 serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh peserta.

3 dari 3 halaman

Secara Bersamaan

Secara bersamaan, peserta motor (dirt bike) IOX 2019 Andalas mendapat briefing dari Ketua Panitia Motor IOX 2019 Andalas, Teddy Wibowo. Syamsir menyatakan bahwa mayoritas seluruh peserta sudah siap untuk start dari Medan untuk memulai petualangan penjelajahan bumi Sumatera yang sudah lama dinanti Peserta IOX.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading