Sukses

AFC Tolak Dispensasi 4 Pemain Baru Persija

Jakarta - Persija Jakarta mendapat kabar buruk jelang laga kualifikasi babak pertama Liga Champions Asia melawan Home United, 5 Februari mendatang. Mereka dipastikan tidak diperkuat tiga pemain asing baru dan Ryuji Utomo.

Hal tersebut karena permohonan Persija untuk mendapatkan dispensasi dari AFC terkait International Transfer Certificate (ITC) empat pemain baru itu ditolak.

Informasi itu disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengingat komunikasi untuk mendapatkan keringanan ITC untuk Persija dilakukan melalui federasi. Ratu Tisha menyebut permintaan Persija tak bisa dipenuhi.

"Kami sudah berupaya maksimal untuk meminta dispensasi dari AFC. Namun, itu tidak bisa dipenuhi," ujar Ratu Tisha Destria yang juga mengaku sudah menyampaikan respons AFC kepada Persija.

Sesuai regulasi FIFA, klub bisa mendaftarkan pemain, jika pemain sudah mendapatkan ITC. Proses ITC berlangsung pada periode jendela transfer pemain. Untuk kompetisi Liga 1 Indonesia, jendela transfer baru dapat dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2019.

Kebijakan penentuan tanggal jendela transfer pemain berkaitan dengan jadwal kompetisi. PSSI mempertimbangkan bahwa kompetisi Liga 1 dimulai pada awal Mei setelah Pemilihan Presiden Republik Indonesia selesai digelar.

“Kami menghormati agenda Pemilihan Presiden 2019. Liga 1 baru bisa diputar dua pekan kemudian, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick-off, agar 18 Klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik,” ujar Sekjen PSSI itu.

Dengan kondisi tersebut, Persija dipastikan tak akan bisa memainkan Bruno Matos, Vinicius Lopes, Jakhongir Abdumuminov, dan Ryuji Utomo. Keempat pemain itu didatangkan dari luar negeri pada awal tahun ini.

 

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Banyak Pemain Absen, Bek Persija Tetap Optimistis
Artikel Selanjutnya
Marko Simic 5 Gol, Persija Satu Kaki di 16 Besar Piala Indonesia