Sukses

Ulasan Lengkap Cardiff vs MU, Debut Ole Solskjaer dengan Campur Tangan Wayne Rooney

Hasil positif ini menandai debut manis Ole Gunnar Solskjaer sebagai caretaker

Liputan6.com, Jakarta Manchester United mengalahkan Cardiff City 5-1 pada pekan ke-18 Premier League, di Cardiff City Stadium, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB. Hasil positif ini menandai debut manis Ole Gunnar Solskjaer sebagai caretaker manajer.

Manchester United sudah unggul 1-0 saat laga baru berjalan tiga menit. Tendangan bebas Marcus Rashford membobol gawang tuan rumah yang dikawal Neil Etheridge.

Tim tamu berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-29. Tendangan keras Ander Herrera dari luar kotak penalti tidak bisa diantisipasi Etheridge.

Namun, Cardiff City berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 melalui titik penalti setelah Rashford dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Victor Camarasa yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Skor 1-2 hanya bertahan selama tiga menit. Manchester United mencetak gol ketiga di laga ini melalui Anthony Martial pada menit ke-41.

Di babak kedua, Manchester City unggul 4-1 atas Cardiff melalui gol Jesse Lingard. Tendangan penalti Lingard membobol gawang Cardiff City.

Lingard mencetak gol keduanya hanya beberapa menit jelang laga usai. Tendangan terarahnya setelah menerima umpan terobosan Paul Pogba membuat skor akhir laga menjadi 5-1.

Kemenangan telak atas Cardiff City membuat Manchester United naik ke peringkat keenam klasemen sementara dengan 29 poin. Sementara Cardiff City tertahan di peringkat ke-17 dengan 14 angka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ini Komentar Ole Gunnar Solskjaer Usai MU Menang Telak atas Cardiff City

Caretaker manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengaku senang laga debutnya berjalan sempurna. Ia berhasil mengantarkan The Red Devils menang setelah menggantikan posisi Jose Mourinho yang dipecat.

The Red Devils menang telak 5-1 atas tim promosi, Cardiff City, dalam laga lanjutan Premier League, di Cardiff City Stadium, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB. Dua gol Jesse Lingard plus masing-masing satu gol dari Marcus Rashford, Ander Herrera, dan Anthony Martial, hanya bisa dibalas penalti Victor Camarasa.

"Ini awal yang luar biasa dan kami akan menikmatinya selama beberapa hari ke depan," ujar Solskjaer.

"Namun, boxing day telah datang dan tidak ada sejarah yang lebih cepat daripada pertandingan sepak bola. Ada beberapa hal yang mesti dikerjakan namun mereka (para pemain) menyerap ide dengan sangat cepat," ia melanjutkan.

"Kami akan mencoba fokus dari satu pertandingan ke pertandingan. Namun, saya akan menikmati malam ini."

Setelah membawa Manchester United menang telak atas Cardiff, racikan strategi Solskjaer akan diuji pada pertengahan pekan nanti. Tim asuhannya akan menjamu Huddersfield Town pada pekan ke-19 Premier League di Old Trafford, 26 Desember 2018.

3 dari 6 halaman

MU Menang Besar Atas Cardiff, Rashford: Ini Baru Permulaan

Striker MU Marcus Rashford mengungkapkan instruksi Solskjaer kepada pemainnya dalam laga melawan Cardiff. "Dia ingin kami bersikap positif pada bola dan selalu mencari celah," ucapnya kepada BT Sport.

Rashford menegaskan kemenangan atas Cardiff merupakan awal dari kebangkitan MU pada musim ini. "Itu baru permulaan. Kami akan meningkatkan dan menjadi lebih baik," ucapnya.

"Periode Natal sangat sibuk sehingga perlu pemulihan dan memastikan kami siap untuk pertandingan berikutnya. Kami harus terus meningkatkan dan naik ke level lain," ucap Rashfrod.

4 dari 6 halaman

Ada Campur Tangan Wayne Rooney di Balik Kemenangan Telak MU Atas Cardiff City

Usai pertandingan, manajer MU Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan sebuah rahasia soal kemenangan tersebut. Menurutnya, ada campur tangan Wayne Rooney.

"Saya pikir, mungkin semua teks dari Wazza (sapaan Rooney) membantu kami hari ini. Dia mengatakan kepada kami untuk membuat para pemain menikmati permainan mereka," kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

"Pemain tersenyum, maju ke lapangan, dan menjadi Manchester United yang sesungguhnya. Ini minggu yang berat buat saya dan para pemain," ujar manajer MU berusia 45 tahun tersebut, menambahkan.

5 dari 6 halaman

Fakta Menarik Usai MU Bungkam Cardiff, Debut Pelatih Kerap Pesta Gol

1. Sejak Ferguson pergi, empat dari lima pelatih berbeda yang menjabat di United berhasil menang dengan tiga gol atau lebih pada laga debutnya (Moyes 4, Mourinho 3, Giggs 4, dan Solskjaer 5).

2. Warnock mencatatkan kekalahan yang ke-50 di Premier League, dalam laganya yang ke-92 di kompetisi ini - hanya Mick McCarthy (79), Danny Wilson (87) dan Gary Megson (91) yang pernah mencapai 50 kekalahan dengan lebih sedikit pertandingan.

3. Cardiff kalah di 14 pertemuan melawan 'Big Six', dan kebobolan 45 gol dalam torehan tersebut.

4. Martial telah terlibat langsung dalam 70 gol untuk United di semua kompetisi (45 gol, 25 assist); Paling banyak di antara pemain lainnya untuk sebuah klub sejak debutnya di bulan September 2015.

5. Gol ketiga United melawan Cardiff - dicetak oleh Anthony Martial - merupakan gol ke-500 Premier League musim ini.

6. Rashford lebih banyak terlibat dalam gol di Premier League musim ini ketimbang pemain lainnya (sembilan - empat gol dan lima assist).

7. Martial melakoni laga ke-100 untuk Manchester United di Premier League, menjadikannya pemain Prancis keempat yang sukses mencapai torehan tersebut setelah Eric Cantona, Mikael Silvestre, dan Patrice Evra.

6 dari 6 halaman

Susunan pemain Cardiff vs MU

Cardiff City (4-1-4-1): 1-Neil Etheridge, 5-Bruno Ecuélé Manga, 4-Sean Morrison, 22-Sol Bamba, 18-Gregory Cunningham; 17-Aron Gunnarsson (8-Joe Ralls 83'); 33-Junior Hoilett (23-Kadeem Harris 74'), 21-Víctor Camarasa, 7-Harry Arter (10-Kenneth Zohore 61'), 11-Josh Murphy; 13-Callum Paterson

Manajer: Neil Warnock

Manchester United (4-3-3): 1-David De Gea; 18-Ashley Young, 2-Victor Lindelöf, 4-Phil Jones, 23-Luke Shaw; 21-Ander Herrera, 31-Nemanja Matic (27-Marouane Fellaini 87'), 6-Paul Pogba; 14-Jesse Lingard, 10-Marcus Rashford (17-Fred 79'), 11-Anthony Martial (15-Andreas Pereira 87')

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Wasit: Michael Oliver

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.