Sukses

Rahasia Tendangan Bebas Messi

Lionel Messi memiliki teknik khusus dalam melakukan tendangan bebas alias free kick.

Jakarta Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah. Ada komentar Pele yang meragukannya, namun kehebatan La Pulga tak bisa terbantahkan.

Ragam bukti sudah tersaji. Paling sahih adalah 'meteran' statistika yang memberi gambaran nyata kemampuan Lionel Messi. Sang Messiah sudah mengoleksi berbagai trofi, sampai kemampuan individu di lapangan yang selalu menjadi sorotan.

Satu di antara kemampuan istimewa bintang andalan Barcelona dan Timnas Argentina tersebut adalah eksekusi tendangan bebas. Sejak lama Lionel Messi sudah diakui sebagai spesialis tendangan bebas. Puluhan kiper, baik di kancah La Liga, kompetisi di kawasan Eropa sampai ajang Piala DUnia, pernah merasakan presisi free kick Messi.

Satu yang menjadi catatan ada pada awal karier Messi di lapangan hijau. Saat itu, ia tak terlalu berbahaya, meski diagnosa lain menyebut semua itu gara-gara belum 100 persen mendapat kepercayaan dari pelatih.

Seperti dilansir Marca, Messi mulai mencetak gol via tendangan bebas pada musim 2008-2009. Gol tendangan bebas pertama lahir setelah percobaan ke-13 dalam tiga musim.

Sejak itu, Lionel Messi selalu mencetak minimal satu gol tendangan bebas selama 11 musim beruntun. Pada 2018-2019, Lionel Messi telah mencetak empat gol tendangan bebas bagi Barcelona.

Koleksi gol tersebut terjadi kala bersua Alaves pada jornada perdana La Liga, bertemu PSV Eindhoven di Liga Champions, dan dua gol pada derby kontra Espanyol (jornada 15).

Sejauh ini, berdasarkan data yang dilansir Marca, Messi telah mengemas 32 gol tendangan bebas dari 407 tembakan. Kehebatan Messi dalam mengeksekusi tendangan bebas terlihat jelas selama dua musim terakhir. Menurut Marca, itu tak lepas dari latihan dan perubahan teknik.

Teknik Messi dalam mengambil tendangan bebas terus berevolusi. Selain itu, pemakaian vanishing spray oleh wasit juga turut berkontribusi. Posisi pagar hidup 9,5 meter dari bola pun ikut membantu meningkatkan efektivitas free kick Messi.

Ada setidaknya lima hal yang perlu digabungkan untuk bisa mengeksekusi tendangan bebas dengan baik. Lima faktor itu adalah kekuatan, posisi, teknik menendang, keseimbangan dan visi.

Menurut Marca, Messi mengubah caranya menendang bola dalam latihan. Satu di antara perubahan paling mendasar adalah posisi kaki tumpuannya. Pada awal-awal, kaki tumpuan Messi (kaki kanan) menjaga keseimbangan seluruh tubuh praktis dengan bagian luarnya. Itu membuat Messi kehilangan stabilitas dan kontrol pada tembakan.

Namun sekarang seluruh telapak kaki kanan Messi menapak tanah sebelum dia menendang bola. Guna meningkatkan akurasi tembakan, Messi juga mengubah posisi tubuhnya saat menendang.

Dalam hal ini, bagi pundak dan dada membentuk busur. Putaran tubuhnya, yang merupakan bagian akhir dari semua gerakan ini, juga lebih 'rapat' dibandingan ketika dia mengambil tendangan bebas di awal-awal kariernya.

Alhasil, Lionel Messi menjadi eksekutor free kick yang jauh lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya.

Sumber: Bola.net, Instagram Segulir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.